PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Rizka Novi Irmaningrum, I Nyoman S. Degeng, Ery Tri Djatmika

Abstract


Metode role playing merupakan metode pembelajaran yang cocok digunakan pada proses pembelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk  memecahkan masalah-masalah melalui memerankan tokoh. Metode role playing (bermain peran) sebagai suatu metode pembelajaran bertujuan untuk membantu siswa menemukan makna diri (jati diri) di dunia sosial dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok, artinya melalui bermain peran siswa belajar menggunakan konsep peran, menyadari adanya peran-peran yang berbeda, memikirkan perilaku dirinya dan perilaku orang lain, serta dapat membantu peserta didik lebih memahami materi, fokus, dan tertarik dalam proses pembelajaran. Metode role playing dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Dabsah 3 Bondowoso. Langkah-langkah metode bermain peran adalah 1) persiapan terdiri dari persiapan untuk bermain peran, memilih pemain, mempersiapkan penonton, persiapan para pemain; 2) pelaksanaan yang memiliki aturan; 3) tindak lanjut terdiri dari diskusi dan melakukan bermain peran kembali

Keywords


role playing; motivasi; hasil belajar kognitif

Full Text:

PDF

References


Cholifah, T. N., Degeng, I. N. S. & Utaya S. 2016. Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal UM, (Online), 1 (3): 486-491, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6177/2618), diakses 14 April 2017. Degeng, I.N.S. 2001. Karakteristik Belajar Mahasiswa: Kajian Temuan penelitian dan Terapannya dalam Rancangan Pembelajaran. Malang: LP3 UM. Degeng, I.N.S. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan FIP UM. Degeng, I. N. S. 2015. Revolusi Mental dalam Pendidikan untuk Keunggulan Bangsa. Makalah disajikan dalam seminar nasional pendidikan dasar di Universitas Negeri Malang, 24 Mei 2016. Khakiim, U., Degeng, I. N. S. & Widiati, U. 2016. Pelaksanaan Membuka dan Menutup Pelajaran Oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal UM, (Online), 1 (9): 1730-1734, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6738/2931), diakses 14 April 2017. Mahuze, P. N., Degeng, I. N. S. & Toenlioe, A. JE. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Strategi Sinektik Berbantuan Gambar Pada Mata Pelajaran Agama Katolik di SD YPPK Santo Tarsius Biankuk Merauke. Jurnal UM, (Online), 1 (10): 1884-1890, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6883/3055), diakses 14 April 2017. Munir. 2015. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Pranandari, I. K., Degeng, I. N. S. & Hanurawan F. 2016. Korelasi Antara Persepsi Siswa Tentang Pengelolaan Kelas, Hubungan Teman Sebaya (Peer Relationships), dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal UM, (Online), 1 (3): 480-485, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6176/2617), diakses 14 April 2017. Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Savitri, D. I., Degeng, I. N. S. & Akbar, S. 2016. Peran Keluarga dan Guru Dalam Membangun Karakter dan Konsep Diri Siswa Broken Home di Usia Sekolah Dasar. Jurnal UM, (Online), 1 (5): 861-864, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6288/2684), diakses 14 April 2017. Su’udiah, F., Degeng, I. N. S. & Kuswandi, D. 2016. Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal UM, (Online), 1 (9): 1744-1748, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6743/2936), diakses 14 April 2017. Uno, H. B. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Wahab, A.A. 2012. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta. Wijayati, E. C., Degeng, I. N. S. & Sumarmi. 2016. Kesulitan-Kesulitan dalam Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran IPS SMP. Jurnal UM, (Online), 1 (11): 2241-2247, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8132/3700), diakses 14 April 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.