PENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN VIDEO PADA SISWA KELAS IV MI YASPURI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, S.B., Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Djojosoediro, Wasih.2010. Pengembangan Dan Pembelajaran IPA SD. (online)(http://hakikatipadanpembelajaranipasd.go.id/index.php, diakses tanggal 25 November 2016 pukul 20.31 WIB). Eggen, P.,Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks. Kemendikbud. 2013. Dasar Hukum Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud. Kurniasari, R. 2013. “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V A Pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Melalui Model Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen di SDN Ajung 03 Jember”. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Jember: UPT Perpustakaan Universitas Jember. Kuswandi, D., Hariyono, Jumardin. 2016. Puzzle Dalam Jigsaw Tipe II Pada Pembelajaran Ips Kelas V. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016. Malang : CV. Bintang Sejahtera. Kuswandi, D., Irawan, E, B., Suryono,N. 2016. Pembelajaran Matematika Sd Materi Bangun Ruang Menggunakan Multimedia Interaktif. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016. Malang : CV. Bintang Sejahtera. Lie, Anita. 2002. ”Cooperative Learning : Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas”. Jakarta : PT. Gramedia. Permendikbud No. 64. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Permendikbud. Prastyo, A. 2013. Penerapan Modelling Learning Dengan Video Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined. Rachmawati, Daryanto. 2015. Teori Belajar san Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media. Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Sanjaya, W. 2008. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetansi. Jakarta: Kencana. Saptono, Sigit. 2003. ”Paparan Kuliah Strategi Belajar Mengajar Biologi”.Semarang : Jurusan Biologi FMIPA UNNES. Sar’iyyah, N 2014. “Penerapan model Jigsaw dengan metode eksperimen mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas 5B SDI Paupanda 3 Ende oleh Nining Sar'iyyah”. (Online), (http://pasca.undiksha.ac.id), diakses 25 April 2016
Siddiq, D. M., Munawaroh, I., dan Sungkono. 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Slavin, R.E., Cooper, R. 2015. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media. Suharti. , Munzil., Wahyuningtyas. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Kimia Kelas XI SMA Pada Materi Koloid. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016. Malang : CV. Bintang Sejahtera. (online) http://jurnal-online.um.ac.id/article/do/detail-article/1/37/1164. No.2 Vol.2. 2013. Diakses 18 April 2017. Sugiyo, Warlan. (2009). Efektivitas Metode Student Centered Learning yang Berbasis Fun Chemistry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia- No. 02/Vol.3. Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.