Deprecated: Non-static method PKPApplication::defineExposedConstant() should not be called statically in /var/www/pasca/conferences/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 545

Deprecated: Non-static method PKPApplication::getExposedConstants() should not be called statically in /var/www/pasca/conferences/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 513
PENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN VIDEO PADA SISWA KELAS IV MI YASPURI | Aditya | Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017

PENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN VIDEO PADA SISWA KELAS IV MI YASPURI

Putra Candra Aditya, Dedi Kuswandi, Suharti Suharti

Abstract


Pada proses pembelajaran, aktivitas belajar siswa menentukan keberhasilan hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran IPA, siswa diharapkan lebih banyak melakukan kegiatan, sedangkan guru lebih banyak membimbing dan mengarahkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan penerapan model Jigsaw dengan metode eksperimen berbantuan video mampu membuat proses pembelajaran yang aktif pada  siswa kelas IV MI YASPURI baik interaksi dengan guru maupun dengan teman.  Dengan menerapkan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), hasil penelitian menunjukan bukti bahwa penerapan model jigsaw dengan metode eksperimen berbantuan video  mampu meningkatkan aktivitas visual, aktivitas menulis, aktivitas lisan, aktivitas mendengar dan melakukan eksperimen  siswa kelas IV MI YASPURI.

Keywords


proses pembelajaran; penerapan model jigsaw dengan metode eksperimen berbantuan video dan aktivitas belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, S.B., Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Djojosoediro, Wasih.2010. Pengembangan Dan Pembelajaran IPA SD. (online)(http://hakikatipadanpembelajaranipasd.go.id/index.php, diakses tanggal 25 November 2016 pukul 20.31 WIB). Eggen, P.,Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks. Kemendikbud. 2013. Dasar Hukum Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud. Kurniasari, R. 2013. “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V A Pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Melalui Model Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen di SDN Ajung 03 Jember”. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Jember: UPT Perpustakaan Universitas Jember. Kuswandi, D., Hariyono, Jumardin. 2016. Puzzle Dalam Jigsaw Tipe II Pada Pembelajaran Ips Kelas V. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016. Malang : CV. Bintang Sejahtera. Kuswandi, D., Irawan, E, B., Suryono,N. 2016. Pembelajaran Matematika Sd Materi Bangun Ruang Menggunakan Multimedia Interaktif. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016. Malang : CV. Bintang Sejahtera. Lie, Anita. 2002. ”Cooperative Learning : Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas”. Jakarta : PT. Gramedia. Permendikbud No. 64. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Permendikbud. Prastyo, A. 2013. Penerapan Modelling Learning Dengan Video Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined. Rachmawati, Daryanto. 2015. Teori Belajar san Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media. Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Sanjaya, W. 2008. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetansi. Jakarta: Kencana. Saptono, Sigit. 2003. ”Paparan Kuliah Strategi Belajar Mengajar Biologi”.Semarang : Jurusan Biologi FMIPA UNNES. Sar’iyyah, N 2014. “Penerapan model Jigsaw dengan metode eksperimen mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas 5B SDI Paupanda 3 Ende oleh Nining Sar'iyyah”. (Online), (http://pasca.undiksha.ac.id), diakses 25 April 2016

Siddiq, D. M., Munawaroh, I., dan Sungkono. 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Slavin, R.E., Cooper, R. 2015. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media. Suharti. , Munzil., Wahyuningtyas. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Kimia Kelas XI SMA Pada Materi Koloid. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016. Malang : CV. Bintang Sejahtera. (online) http://jurnal-online.um.ac.id/article/do/detail-article/1/37/1164. No.2 Vol.2. 2013. Diakses 18 April 2017. Sugiyo, Warlan. (2009). Efektivitas Metode Student Centered Learning yang Berbasis Fun Chemistry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia- No. 02/Vol.3. Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.