PENGGUNAAN MEDIA FLANEL BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA SD KELAS III

Muh. Inayah A.M, Fattah Hanurawan, Ery Tri Djatmika

Abstract


Kemampuan menyimak merupakan kemampuan yang paling awal dipelajari oleh siswa dari ketiga kemampuan berbahasa lainnya yaitu berbicara, membaca dan menulis. Kemampuan menyimak perlu ditingkatkan pada siswa sehingga memerlukan media yang dapat digunakan pada pembelajaran terhadap kemampuan menyimaknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran penggunaan media flanel bergambar pada pembelajaran dan kemampuan menyimak siswa SD kelas rendah yaitu kelas III, sehingga dapat tercapai sesuai dengan tingkat capaian perkembangan siswa, karena siswa SD kelas rendah sudah memasuki tahap berfikir operasional konkret atau berfikir secara konkret. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan pada saat penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaaan media flanel bergambar pada pembelajaran menarik perhatian siswa dan melalui tiga tahapan: (a) tahapan persiapan meliputi: guru menyiapkan materi ajar, mengatur ruangan, serta media flanel dan potongan gambar; (b) tahapan pelaksanaan meliputi: guru membuka pembelajaran, menyampaikan kepada siswa bahwa akan menggunakan media flanel bergambar pada pembelajaran dan menjelaskan pembelajaran dengan intonasi yang menarik perhatian siswa sambil menempel potongan gambar sesuai dengan isi materi ajar; (c) tahapan penutup meliputi: guru membagi anak menjadi beberapa kelompok kecil, kemudian memberikan pertanyaan tentang isi materi ajar dan meminta siswa untuk menceritakan kembali yang disampaikan sesuai dengan bahasa siswa. (2) kemampuan menyimak siswa setelah menggunakan media flanel bergambar pada pembelajaran pada umumnya berada pada kategori baik sekali.

Keywords


media flanel bergambar; kemampuan menyimak; siswa SD kelas III

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaure Persada. Creswell, J. W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson Education. Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Hainstock, E. G. 1999. Metode Pengajaran Mantessori untuk Anak Prasekolah. Jakarta: Pustaka Delapratasa. Hairuddin. 2008. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional. Hanurawan, F. 2016. Perspektif Alternatif dalam Psikologi Pendidikan. Malang: UM. Hurlock, E. B. 2009. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga. Kemendiknas. 2010. Kurikulum Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Moeslichatoen. 2004. Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta. Moreno, R. 2010. Educational Psychology. The University of Mexyco: John Wiley & Sons, Inc. Sadiman, A., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Santrock, J. W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana. Seth, O. 2009. Instructional Media As a Tool for Ensuring Quality Teaching and Learning for Pupils. (Online). (http://ir.knust.edu.gh/bitstream/123456789/392/1/Binder1.pdf), diakses tanggal 15 Oktober 2016. Smaldino, E., Russel, D., Heinich, R., & Molenda, M. 2005. Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Pearson Education, Inc. Sudono, A. 2010. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo. Sujiono, Y. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak. Jakarta: Indeks. Tarigan, H. G. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher. UNESCO. 2012. Education for Sustainable Development. Paris: United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.