MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACAKAN PUISI ANAK

Moh Adibul Akrom, Heri Suwignyo, Muakibatul Hasanah

Abstract


Keterampilan membacakan puisi penting untuk dibelajarkan kepada anak untuk melatih kepekaan anak dalam menjiwai dan mengekspresikan karya sastra. Namun, pembelajaran membacakan puisi di sekolah dasar saat ini masih belum maksimal. Pembelajaran membacakan puisi secara intensif hanya diajarkan kepada siswa yang akan mengikuti perlombaan baca puisi. Pembelajaran membacakan puisi di kelas kurang memperhatikan tahapan proses belajar membaca puisi. Oleh karena itu, diperlukan strategi atau model pembelajaran yang dapat mengakomodasi proses membaca puisi mulai dari pra membaca, saat membaca, sampai pasca membaca. Model Think Pair Share dapat diterapkan dalam pembelajaran membaca puisi dengan memperhatian tahapan proses membaca puisi. Model ini dapat melatih kemampuan secara individu maupun kelompok. Model ini juga lebih baik dalam melatih siswa berpikir kreatif dibanding model pembelajaran ceramah/ konvensional. Pemikiran kreatif inilah yang diharapkan dapat menunjang dalam pemberian tanda pembacaan puisi dan penampilan membacakan puisi. Beberapa penelitian terdahulu juga menunjukan bahwa model think pair share mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa. Langkah-langkah pembelajaran membaca puisi dengan model think pair share yakni: (1) berpikir untuk mendalami makna puisi dan memberikan tanda pembacaan secara individu, (2) berpasangan untuk  mendiskusikan makna dan tanda pembacaan puisi kemudian saling berlatih membacakan puisi, dan (3) membacakan puisi dengan indah di depan umum

Keywords


membaca puisi; pembelajaran; model think pair share

Full Text:

PDF

References


Arends. R.I. (2008). Learning to Teach Seventh edition. New York: Mc Graw Hill. Atmazaki, H. (1993). Analisis Sajak, Teori, Metodologi, dan Aplikasi. Bandung: Angkasa. Doyin, M. (2008). Seni Baca Puisi (Persiapan, Pelatihan, Pementasan, dan Penilaian). Semarang: Bandungan Institute. Harsiati, T. (2013). Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: UM Press. Huda, M. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sormin, F. (2012). Improving Students Achievement In Reading Comprehension Through Think Pair Share Technique. GENRE Journal of Applied Linguistik of FBS Unimed, 1 (1). diakses dari jurnal.unimed.ac.id/2012/index. php/ ellu/article/view/358. Sugiharto, D. (2014). The Implementation of Think-Pair-Share Model to Improve Students Ability in Reading Narrative Texts. International Journal of English and Education, 3 (3), 206-215. Diakses dari ijee.org. Suseno, B. (2013). Using Think Pair Share Technique to Improve Student’s Reading and Speaking Skill On Procedure Text. Diakses dari karyailmiah.um.ac.id/index. php/sastra-inggris/article/view/ 32892. Tompkins, G. E., dan Hoskinson, K. (1991). Language Art: Content and Teaching Strategies. New York: Maxwell MacMillan International Publishing Group. Tristiantari, N. (2013). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Kemampuan Berbicara Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Seririt. eJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha (Vol 3). Diakses dari 119.252.161.254/e-journal/index. php/jurnal_pendas/article/view/541/333. Widyartono, D. (2011). Pengantar Menulis dan Membaca Puisi. Malang:UM Press. Winarni, R. (2014). Kajian Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.