PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUIZ-QUIZ TRADE PADA PEMBELAJARAN IPS SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afian, A. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Kolaborasi Model Quiz-Quiz Trade Dan Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Keaktifan Belajar Dan Self Esteem. Jurnal Inspirasi Pendidikan. Volume 3, Nomor 1:216-226. (Online), (http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/365/140), diakses pada tanggal 25 Oktober 2016. Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Ferrer, L. M. 2004. Developing Understanding And Social Skills Through Cooperative Learning. Journal of Science and Mathematics Education in S.E. Asia Volume 27 No. 2: 45-61. (Online). (http://www.recsam.edu.my/R&D_Journals/YEAR2004/jour04no.2/lourd esferrer(45-61).pdf), diakses 3 Januari 2017. Gunawan, R. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Habidi., Widiati, U., Soetjipto,B.E. 2017. The Implementation of Cooperative Learning Model Quiz-Quiz Trade and Inside-Outside Circle to Improve the Students’ Communicative Skill and Learning on Social Science Lesson. IOSR Journal Of Humanities And Social Science Volume 22, Issue 4, Ver 1. (Online). (http://iosrjournals.org/iosr-jhss/papers/Vol.%2021% 20Issue5/Version-7/I02105077481.pdf), diakses 12 April 2017.
Kagan, S & Kagan, M. 2009. Cooperative Learning. San Clamente: Kagan Publishing Kemdikbud. 2013. Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. (Online), (http://direktori.madrasah.kemenag. go.id/media/files/Permendikbud67TH2013.pdf), diakses 15 Oktober 2016 Lie, A. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo. Riyadi, A. Soetjipto, B. E., & Amirudin, A. 2016. The Implementation of Cooperative Learning Model Fan-N-Pick and Quick on The Draw to Enhance Social Competence and Cognitive Learning Outcome for Social Studies. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), (Online), Volume 21, Issue 4, Ver. I, (http://www.iosrjournals.org/iosrjhss/papers/Vol.%2021%20Issue4/Version-1/L2104019096.pdf), diakses 2 Oktober 2016. Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Sapriya. 2015. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning: theory, research and practice (N. Yusron. Terjemahan). London: Allymand Bacon. Soetjipto, B. E. 2010. Pembelajaran Kooperatif dan Beberapa Hasil Penelitian Bidang Manjemen-Ekonomi. Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri malang. Susanto, A. 2015. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Tran, V. D. 2014. The Effects of Cooperative Learning on the Academic Achievement and Knowledge Retention. International Journal of Higher Education Volume 3 Nomor 2: 131-140. (Online), (http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1067568.pdf), diakses 14 Oktober 2016. Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara Wakhidin, A. 2016. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS melalui Pembelajaran Make A Match Dipadu Quiz-quiz Trade di Kelas V SDN Pesawahan 03 Cilacap. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang. Yudiana, A. 2013. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz-Quiz Trade dan Inside-Outside Circle untuk meningkatkan hasil belajar IPS dan efikasi diri siswa (studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Babat Lamongan). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.