PENERAPAN MEDIA GAMES PUZZLE BERORIENTASI IPA LESSON STUDY KELAS IV C DI SDN TUNJUNGSEKAR 1 MALANG

Khorid Agustin, Samsul Hadi, Lia Yulianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran Game Puzzle gdalam proses belajar mengajar. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang kelas IVC dengan jumlah siswa 30 anak. Kegiatan ini dilakukan melalui Lesson Study dengan tahapan, yaitu: (1) Plan, (2) Do, dan (3) See. Proses belajar mengajar dilaksanakan dua kali mengajar selama dua minggu. Kondisi siswa kelas IVC pada observasi dan wawancara awal, siswa sudah cukup aktif dalam proses pemebalajaran. Penerapan media Game Puzzle ini merupakan kegiatan secara berkelompok untuk memecahkan masalah yang diberikan oleh guru guna untuk membuat siswa berani dan aktif berpendapat dan bertanya. Kesimpulan dari penelitian ini siswa-siswa kelas IVC menjadi aktif untuk berpendapat dan bertanya saat proses pembelajaran. Mereka lebih tertarik pada pembelajaran yang menggunakan media puzzle. Walaupun tetap ada sebagian siswa yang kurang aktif dan kurang berantusisas dalam menyusun puzzle tersebut.

Keywords


Media Game Puzzle; Lesson Study; siswa SD kelas IV

Full Text:

PDF

References


Kementerian Pendidikan dan KebudayaanRepublik Indonesia. 2014. Kerukunan dalam Bermasyarakat. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 buku guru. Jakarta:kemdikbud Kementerian Pendidikan dan KebudayaanRepublik Indonesia. 2014. Kerukunan dalam Bermasyarakat. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 buku siswa. Jakarta:kemdikbud Kemdikbud. 2013. Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2013. Permendikbud nomor 81 A tahun 2013 tentang Implementasi Bogdan, R., & Biklen, S. 1992. Qualitative Research for Education. Boston, MA: Allyn and Bacon Cahyo, Dwi Ungki. 2012, Penerapan Media Puzzle Picture Pada Kemampuan Berbicara siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tumpang. Jurnal pendidikan (online). jurnal-online.um.ac.id, diakses tanggal 26 November 2016). Cresswell, J. 1998. Research Design: Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications. Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Purwantoko, Sutikno dan Susilo. 2010. Efektifitas Pembelajaran Denganmenggunakan Media Puzzle Terhadap Pemahaman Ipa Pokok Bahasankalor Pada Sisaw SMP. Jurnal Pendidikan Fisika (Online).http://journal.Unnes.ac.id, diakses 27 Novemebr 2016. Saputro, Suprihadi. 2000. Strategi Pembelajaran. Malang: Departeman Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media. Sudjana, Nana, 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Suherman, E. 2001. Strategi Pembelajaran IPA Kontemporer. Bandung: JICA– Universitas Pendidikan Indonesia. Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Trianto. 2010. Mendesain Pembelajaran Inovatif – Pregesif. Jakarta: Kencana Wahyuni, Yolanita. 2010. Pemanfaatan Media Puzzle metamorfosis Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Sawunggaling 1/382 Surabaya. Jurnal Pendidikan (0nline). www.pdfsearchengine.org, diakses 26 November 20


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.