MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR: MASALAH DAN SOLUSINYA

Friska Dwi Yusantika, Imam Suyitno, Furaidah Furaidah

Abstract


Keterampilan bahasa (menyimak, berbicara, membaca dan menulis) diakui sebagai kunci untuk mengetahui dan menerima informasi dalam pembelajaran. Keterampilan menyimak menjadi yang paling penting untuk diajarkan dibandingkan dengan keterampilan bahasa yang lainnya. Siswa menerima banyak informasi baik dari sekolah maupun di luar sekolah ketika menyimak. Kemampuan menyimak nantinya juga dibutuhkan ketika memasuki jenjang sekolah berikutnya, karena menyimak dalam hal ini mendengarkan menjadi salah satu kemampuan yang akan diujikan dalam ujian nasional (UN) di tingkat SMA. Selama ini guru cenderung mengabaikan pembelajaran menyimak. Banyak alasan yang disebutkan oleh guru seperti kurangnya bahan ajar, kurangnya fasilitas sekolah, pembicara dalam materi yang direkam berbicara terlalu cepat, para siswa tidak memahami kosakata dan kalimat-kalimat yang digunakan oleh pembicara. Pada dasarnya, guru menyadari bahwa menyimak tidak dapat dipisahkan dari kemampuan bahasa lain seperti berbicara, membaca dan menulis. Permasalahan juga dialami oleh peserta didik pada saat menyimak, selain merasa kesulitan peserta didik juga jenuh dengan materi yang disimaknya. Artikel ini memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi dan memberikan pengetahuan untuk mengajarkan keteramplan menyimak yang ideal.

Keywords


pembelajaran menyimak; masalah; solusi

Full Text:

PDF

References


Atmazaki. (2013). Mengungkap Masa Depan: Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konteks Pengembangan Karakter Cerdas. Makalah. Padang: UNP Brady, Mark &Leigh, Jennifer Austin. A Little Book of Listening Skills. Retrieved from http://www.libgen.io. Cox, Carole. (1998). Teaching language arts (a student-and response centered classroom). New York: A Viacom Company. Depdikbud. 1985. Buku II Keterampilan Menyimak dan Pengajaranya. Jakarta. Hamouda, Arafat. An Investigation of Listening Comprehension Problems Encountered by Saudi Students in the EL Listening Classroom. (International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development April 2013, Vol. 2, No. 2 ISSN: 2226-6348) Harmer, Jeremy. The Practice Of English Language Teaching. Retrieved from http://www.libgen.io. Hermawan, Herry. 2012. Menyimak Keterampilan Berkomunikasi Yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu. Imhof, Margarete. 2012. Listening Education Editor Johannes Gutenberg University, Mainz / Germany. Retrieved from http://www.listen.org Mendelsohn, D. J., & Rubin, J. (Eds.). 1995. A Guide For The Teaching Of Second Language Listening San Diego. CA: Dominie Press.

Peterson, Ene. (2015). Teaching And Studying Online: Best Practices, Resources And Activities For Developing Listening Skills., Virumaa College of TUT Reconsidering the Practice of CLIL and ELT Randolph Quirk and H. G. Widdowson. (2017). Teaching And Learning The Language And Literatures. Cambridge University Press. Cambridge London New York New Rochelle Melbourne Sydney for The British Council. www.longman.com. England Pearson Education Limited Schwartz, A.E. 2006. Assertiveness: Responsible Communication. United States of America: Andrew E. Schwartz & Associates. Tarigan, H.G. (1994). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Underwood, Mary. (1990). Teaching Listening. London: Longman. Willy A. Renandya. (2002). Methodology in Language Teaching An Anthology of Current Practice ISBN eBook 978-0-511-50041-1. Cambridge:Cambridge University Press. Wilson,JJ. (2008). How to Teach Listening. Edinburgh:Pearson Longman Limited.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.