KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV SDN BLIMBING 01

Firdaus Dyah Utami, Ery Tri Djatmika, Cholis Sa’dijah

Abstract


Penguasaan materi matematika oleh siswa menjadi suatu keharusan yang tidak bisa ditawar lagi dalam rangka memenuhi tantangan masa depan. Belajar matematis tidak hanya sekedar belajar konsep tetapi siswa juga dituntut mampu menguasai berbagai kemampuan matematis seperti kemampuan pemecahan masalah matematis. Siswa SD dituntut untuk mampu memiliki kemampuan pemecahanmasalah matematis setelah mengikuti kegiatan pembelajaran matenatis. Oleh karena itu perlu dilakukan kajian tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SD. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan setelah pembelajaran. Hasil observasi pada hasil pretest menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas IV sekolah dasar belum mampu memecahkan masalah matematis dengan baik yang berbentuk soal non rutin. Upaya mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan langkah-langkah pemecahan masalah. Terdapat empat langkah pemecahan masalah matematis Polya yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan mengecek kembali.  Langkah-langkah pemecahan masalah matematis dengan berbasis Polya perlu di dukung dengan model pembelajaran yang tepat dengan tujuan untuk melatih kemampuan pemecahan masalah siswa. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah inkuiri terbimbing. Kegiatan belajar dalam inkuiri terbimbing relevan dengan langkah- langkah Polya sehingga dapat melatih kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Keywords


Kemampuan pemecahan masalah matematis; inkuiri terbimbing; siswa kelas IV SD

Full Text:

PDF

References


Avsec, S., Kojijancic, S. 2014. Effectiveness of Inquiry Based Learning: How Do Middle School Students Learn to Maximise the Efficacy a Water Turbin?. International Journal of Engineering Educational. 6 (1) 1436-1449. (Online). (http://pefprints.pef.uni-lj.si). Diakses tanggal 15 Maret 2017. Frederick, H, B,. 1978. Teaching and Leraning Mathematic: In Secondary School. Iowa: Wm. C. Brown Company Publisher. Hudojo, H. 2006. Pengembangan Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional. Joyce, Weil, & Calhoun. 2011. Models Of Teaching (Fawaid, A dan Mirza, A. Ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kemendikbud . 2014. Permendikbud No 147 Tentang Penetapan Judulbuku Teks Pelajaran Matematika Sertapendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Untuk Kelas IV SD/MI. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. Polya, G. 1973. How to Solve it. New Jersey: Princeton Univercity Press. Russefendi. 2006. Pengajaran Matematika Modern. Bandung:Tarsito. Rust, P., M. 2011. The Effects Of Inquiry Instruction On Problem Solving And Conceptual Knowledge In Ninth Grade Physics Class. (Online). (http://scholarworks.montana.edu). Diakses tanggal 17 Maret 2017 Sa’dijah, C., Wahyuningsih, S. 2004. Pembelajaran matematika yang Berbasis Pendekatan Problem Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SLTP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, (Online), 11 (1): 39-48 , (http://fmipa.um.ac.id), diakses tanggal 8 April 2017. Sa’dijah, C. 2008. Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMP Menggunakan Pembelajaran Matematika Bersetting Kooperatif. Makalah disajikan pada Prosiding Konferensi Seminar Nasional Matematika XIV, Pascasarajana Universitas Sriwijaya. (Online), (http://fmipa.um.ac.id), diakses tanggal 15 November 2016. Suyanti, R. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu. Turnip, B., Wahyuni, I., Tanjung, Y. 2016. The Effect of Inquiry Training Learning Model Based on Just in Time Teaching for Problem Solving Skill. Journal of Education and Practice. 7(15). (Online). (http://iiste.org). diakses tanggal 17 Maret 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.