PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN LUMAJANG

Fathin Istianatul Umami, I Nyoman S. Degeng, Suharjo Suharjo

Abstract


Pembelajaran tematik yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam Kurikulum 2013 menjadi dasar penulisan ini. Tujuan dari penulisan ini adalah mengukap pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di Kabupaten Lumajang. Dengan mengacu pada kegiatan karakteristik, prinsip serta langkah-langkah dari  pembelajaran tematik diharapkan akan mencapai pembelajaran yang aktif dari siswa maupun guru dalam memberikan wawasan tentang kearifan lokal Kabupaten Lumajang. Beberapa penelitian terdahulu  yang telah dilakukan guna untuk mendekatkan siswa dengan nilai-nilai kearifan lokal yang ada  di lingkungan siswa. Nilai kearifan lokal yang diterapkan pada siswa melalui pembelajaran tematik diharapkan dapat membantu siswa lebih banyak  mengenal, mengembangkan serta melestarikan segala potensi serta nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Kabupaten Lumajang.

Keywords


Pembelajaran Tematik; Kearifan Lokal; Kabupaten Lumajang

Full Text:

PDF

References


Adrian, Y., Degeng, I Nyoman Sudana, dan Utaya, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Stad Terhadap Retensi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2),222226. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article. Diakses tanggal 17 April 2017 Daulay,Pardamean.Membangun Masyarakat Harmonis Berbasis Kearifan Lokal: Dari Keseragaman Menuju Keberagaman.FISIP UT- UPBJJ Surabaya. (Online), (http://utsurabaya.files.wordpress.com/2013/01/dame) diakses tanggal 11 April 2017.

Degeng, I Nyoman Sudana. 2015. Revolusi Mental Dalam Pendidikan untuk Keunggulan Bangsa. Makalah disajikan dalam seminar nasional pendidikan dasar di Universitas Negeri Malang, 24 Mei 2016. Degeng, I N. S. 1989. Teori Pembelajaran 1: Taksonomi Variabel. Jakarta: Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Terbuka. Deviana, Tyas. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung Untuk Kelas V SD Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia. Malang: Program Pascasarjana. Universitas Negri Malang. Degeng, I N. S. 1997. Strategi Pembelajaran. Malang, IKIP Malang dan LPTPI. Dewi S, dkk. 2014. Model Tematik Bernuansa Kearifan Lokal Berbantuan Media Animasi Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas III Sd Negeri Gugus Kapten Japa. Jurnal Mimbar PGSD Vol: 2 No: 1 Tahun 2014. Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. (Online), (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/ ) diakses tanggal 4 April 2017. Majid,A.2014.PembelajaranTematik Terpadu. Bandung: RemajaRosdakarya. Mahuze, P. N., Degeng, I Nyoman Sudana, dan Toenlioe, A. J. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Strategi Sinektik Berbantuan Gambar Pada Mata Pelajaran Agama Katolik Di Sd Yppk Santo Tarsius Biankuk Merauke. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10),1884-1890. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6883/3055. diakses tanggal 17 April 2017 Manubey, Johana, I. Nyoman Sudana Degeng, and Dedi Kuswandi. "Pengembangan Bahan Ajar Untuk Menumbuhkan Kelemahlembutan Di Sekolah Minggu." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1.3 (2016): 526535.http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article. Diakases tanggal 17 April 2017 Muniroh, A., Degeng, I Nyoman Sudana., Hitipeuw, I., & Hidayah, N. (2016). PeningkatanAcademic Engagement Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH), 4(1), 36-52. https://scholar.google.co.id/scholar. Diakses tangga 17 April 2017 Nurkholis. 2014. Pengembangan Modul Berbasis Potensi Daerah Tretes Sebagai Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa.Malang: Program Pascasarjana. Universitas Negri Malang. Prabowo. S.L. & Nurmaliyah, F. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Malang: Uin Malang Press. Pranandari, I. W., Degeng, I Nyoman Sudana., & Hanurawan, F. (2016). Korelasi Antara Persepsi Siswa Tentang Pengelolaan Kelas, Hubungan Teman Sebaya (Peer Relationships), Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. JurnalPendidikan:Teori, Penelitian,dan Pengembangan, 1(3),(http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6176/2617. diakses tanggal 17 April 2017 Rahyono FX. 2009. Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra. Rusman. 2012. Model-Model PembelajaranMengembangkanProfesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press. Savitri, Desy Irsalina, and I. Nyoman Sudana Degeng. "Peran Keluarga Dan Guru Dalam Membangun Karakter Dan Konsep Diri Siswa Broken Home Di Usia Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1.5 (2016): 861-864. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article. diakses tanggal 17 April 2017 Su’udiah, Firdaus; DEGENG, I. Nyoman Sudana dan Kuswandi, Dedi. Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2016, 1.9: 17441748.http://journal.um.ac.id/. diakses tanggal 17 April 2017 Trianto. 2007. Model PembelajaranTerpadudalamTeoridanPraktek. Jakarta: Tim PrestasiPustaka. Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana. Utari U, Degeng, I Nyoman S, Akbar, Sa`dun. 2016. Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). JTP2 IPS Vol.1 No.1 P ISSN 2503 – 1201 & E ISSN 2503 – 5347. http://download.portalgaruda.org/article)Diakses tanggal 11 April 2017. Wagiran. Pengembanan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana. Jurnal Pendidikan Karakter. Th. 2 No.3 Oktober 2012. (Online), (http://staffnew.uny.ac.id) diakses tanggal 7 April 2017. Wijayati, E. C., Degeng, I Nyoman Sudana., & Sumarmi, S. (2016). KesulitanKesulitan Dalam Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran Ips Smp. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11),22412247.http://journal.um.ac.id/ Diakses tanggal 17 April 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.