PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP DI SEKOLAH DASAR

Bahmid Bakar, Ruminiati Ruminiati, A Rosyid Al Atok

Abstract


Di era globalisasi saat ini, siswa akan dihadapkan dengan persaingan hidup yang semakin kompleks, sehingga perlu disiapkan sejak dini untuk memenuhi tuntutan tersebut melalui pendidikan. Peranan pendidikan adalah mempersiapkan SDM yang handal untuk mampu bersaing di era globalisasi saat ini. Fungsi utama pendidikan adalah memberikan bimbingan kepada peserta didik untuk memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Oleh karena itu perlu ada inovasi pendidikan untuk mengantarkan siswa pada penanaman nilai kecakapan hidup. Pada dasarnya seseorang dikatakan memiliki kecakapan hidup apabila mampu menyelesaikan segala persoalan hidup yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penulisan ini adalah memberikan gambaran tentang konsep pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis pendidikan kecakapan hidup. Melalui pembelajaran CTL, siswa diarahkan untuk mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Materi yang dipelajari akan membekali siswa  dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Fokus penulisan ini adalah kajian tentang (1) pendidikan kecakapan hidup, (2) pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), dan (3) pembelajaran CTL berbasis kecakapan hidup di Sekolah Dasar.

Keywords


pendekatan CTL; kecakapan hidup; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang pendidikan dasar dan menengah, diakses dari http://bsnpindonesia.org/wp-content/uploads/kompetensi/Panduan_Umum_KTSP.pdf BPS Propinsi Maluku Utara. 2015. Keadaan Ketenagakerjaan di Maluku Utara, diakses dari http://malut.bps.go.id/backend/brs_ind/brsInd-20151106155304.pdf Carnoy, M. 1996. Pendidikan dan Penempatan Tenaga Kerja. Jakarta: Bhratara Karya Asara dan Paris: UNESCO. Diakses dari http://unesdoc.unesco.org/images/0007/000757/075759indo.pdf Davi, U,I Sulandra, I,M, Slamet. 2012. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Aljabar Bagi Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 10 Malang. e-Jurnal um. 1, 2, diakses dari http://jurnalonline.um.ac.id/article/do/detail-article/1/31/409 Desmawati, L, Suminar, T, Budiartati. 2011. Penerapan Model Pendidikan Kecakapan Hidup pada Program Pendidikan Kesetaraan di Kota Semarang, diakses dari http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/download/968/905 Hindun, L, 2005. Model pengembangan pendidikan kecakapan hidup (Live Skill) pada Sekolah Menengah Umum tingkat menengah di kota Batu, Humanity, 1 (1) 29-35, diakses dari http://download.portalgaruda.org

International Labour Organization. 2015. Tren Ketenagakerjaan dan Sosial di Indonesia 2014 – 2015 Memperkuat daya saing dan produktivitas melalui pekerjaan layak. Kantor ILO untuk Indonesia, diakses dari http://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilojakarta/documents/publication/wcms_381565.pdf Juwita, R, dan Lestari, R, B. 2013. Kontribusi Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Sektoral Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah STIE MDP, 2 (2), diakses dari http://eprints.mdp.ac.id/1196/1/5.pdf. Lutfiansyah, D,Y, 2009. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) dalam Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) untuk Peningkatan Pendapatan dan Kemandirian Berwirausaha, Jurnal pendidikan luar sekolah, 4(2), diakses dari http://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/download/1213/854 Marwiyah, S. 2012. Konsep Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup. Jurnal Falasifa, 3 (1), diakses dari https://jurnalfalasifa.files.wordpress.com/2012/11/5-syarifatulmarwiyah-konsep-pendidikan-berbasis-kecakapan-hidup.pdf Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Sanjaya, W. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. Soetjipto. 2011. Pembelajaran Geografi Melalui Pendekatan JAS untuk Mengembangkan Kecakapan Hidup. Pendidikan Geografi, 1 diakses dari http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-geografi/article/view/5547/2254. Suaidah, I dan Cahyono, H. 2013 Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Tingkat Pengangguran Di Kabupaten Jombang. http://e-Jurnal Unesa, diakses dari http://ejournal.unesa.ac.id/article/6108/53/article.pdf Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. (Titik Triwulan Tutik. Ed.). Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.