PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA SISWA

Terry Montolalu

Abstract


Pendidikan di Indonesia mengalami perkembangan seiring berkembangnya zaman. Hal ini memberikan dampak pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas, termasuk kurikulum yang diterapkan dan juga pembelajaran Bahasa Inggris. Berbagai strategi dan media pembelajaran telah ditawarkan kepada guru agar mampu dimanfaatkan secara optimal dalam kegiatan pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran. Begitupun dengan kurikulum yang dicanangkan oleh pemerintah memberikan peran bagi guru agar lebih berinovasi dan berkreasi dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dituntut untuk turut berperan aktif dalam pembelajaran. Fenomena lain yang tidak bisa dihindari oleh para guru adalah dunia game lewat TIK yang juga semakin berkembang pesat dengan sebagian besar konsumennya adalah siswa. Padahal dampak positif yang disuguhkan dalam game tidak kalah besar jika guru maupun orang tua mampu mengarahkannya, seperti salah satu contohnya adalah melatih keahlian fisik dan mental siswa. Padahal hal ini bisa menjadi peluang besar bagi dunia pendidikan, di mana dengan pemanfaatan game ini, kegiatan pembelajaran akan terlaksana dengan lebih variatif dan menyenangkan. Untuk menyelesaikan masalah ini, peneliti memutuskan untuk menggunakan permainan Jeopardy untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di kelas untuk meningkatkan kemampuan memahami teks bacaan siswa terhadap teks deskriptif. Peneliti menggunakan permainan Jeopardy dengan mempertimbangkan karakteristik siswa. Permainan ini dibuat menggunakan Microsoft Powerpoint ataupun aplikasi jeopardy sendri sehingga akan memiliki banyak fitur yang menarik. Permainan ini seperti kuis sehingga siswa akan terlibat secara aktif dalam sesi tanya-jawab yang dilakukan. Permainan Jeopardy digunakan untuk membantu siswa untuk lebih memahami teks bacaan dengan benar dan membantu mereka untuk mengingat isi bacaan melalui kegiatan tanya-jawab

Keywords


Jeopardy; kurikulum; permainan; Mata pelajaran bahasa inggris

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006. Asnawir dan M. Basyirudin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002. Bower Gordon H dan Ernest Hilgard, Theories of Learning, New York: American Book Company, Meridith Publishing Company, 1996. Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009. Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Pustaka Hanan, 2009. Depdiknas.,Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas, 2003. Djamarah, Syaiful, Bahri, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, cet. 4. Jakarta: Rineka Cipta, 2010. Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran,Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2001. Hanafiah, Konsep Strategi Pembelajaran, cet. III, Bandung: Refika Aditama, 2012, Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Rasail, 2011. Morgan, Cliffrod T., Introduction to Psychology, New York: Macam GrawHiil International Book Company , 1978. Mufarrokah, Annisatul, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras, 2009. Rohani, Ahmad, Media Instruksional Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 1957.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2010. Suryabrata, Sumadi, Metode Penelitian, Jakarta: Rajawali Press, 1983. Tim bina karya guru, Bina Fikih, Jakarta: Erlangga, 2009. Tim Dosen FIP-IKIP Malang, Pengantar Dasar-dasar Kependidikan,Surabaya: Usaha Nasional,2000. Trianto, Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan, Jakarta: Kencana, cet. 2, 2010. Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006 Asnawir dan M. Basyirudin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002. Bower Gordon H dan Ernest Hilgard, Theories of Learning, New York: American Book Company, Meridith Publishing Company, 1996.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.