KAJIAN ETNOPEDAGOGI: BUDAYA LONTO LÉOK DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abudin Nata. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: Jakarta Aisyah, N. dkk. 2008. Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Dirjend Dikti. Alwasilah, A. C. dkk. 2009. Etnopedagogi: Landasan Praktik Pendidikan dan Pendidikan Guru. Bandung: Kiblat Buku Utama
Arends, R. I. (2013). Learning to Teach, 9th edition- Book 2. Copyright © by McGraw - Hill Education (Asia) and Salemba Empat. Lasmawan, W. I. 2016. Perspektif Global dan Problematika Pendidikan Dasar. Singaraja: Mediakom Indonesia. Lie Anita. 2002. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: Grasindo Martin Chen & Charles Suwendi (Eds.,) Iman, Budaya, dan Pergumulan Sosial: Refleksi Yubileum 100 Tahun Gereja Katolik Manggarai. Jakarta: Obor. Ndiung, S. 2017. Ritus Tiba Meka Orang Manggarai: Kajian Etno Pedagogi. The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching. Hal 776791. Pandor, Pius. 2015. Menyibak Praksis lonto léok dalam Demokrasi Lokal Manggarai dalam Armada Riyanto, dkk. Kearifan Lokal Pancasila: Butir-butir Filsafat Keindonesiaan. Yogyakarta: Kanisius. PISA 2015 Results in Focus © OECD 2016. Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Sarbaini. 2015. Rekonstruksi Nilai-Nilai Baiman, Bauntung, Batuah. Milik Urang Banjar Perspektif Etnopedagogi: Paper in International seminar on Etnopedagogy, November 14, 2015. Faculty of Teacher Training and Eduation Lambung Mangkurat University. Sebastianus Menggo. 2017. Budaya Lonto Léok Dalam Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching. Hal 722-730. ISSN 2549-5607. Surakarta: Universitas Muhammadiyah. Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning: theory, Research, and Practice. Boston: Allyn & Bacon. Susanto, A. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Van de Walle, John A. 2013. Elemantary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally. Eighth Edition. Pearson. Wagiran. 2011. Pengembangan model pendidikan kearifan lokal dalam mendukung visi pembangunan DIY 2020. Dimuat dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan, Volume III, Nomor 3, Tahun 2011. ISSN 2085-9678. Hlm. 85-100.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.