MENULIS NARASI MELALUI MODEL STAD (Student Team Achievement Division)
Moh. Ali Yafi, Anang Santoso, Alif Mudiono
Abstract
Keterampilan menulis narasi penting untuk diajarkan pada anak sekolah dasar untuk melatih siswa dalam mengungkapkan atau menyampaikan ide, atau gagasan secara tertulis guna memberikan informasi kepada pembaca. Pembelajaran menulis di sekolah dasar belum berjalan secara maksimal, hal ini dikarenakan dalam pembelajaran guru kurang dapat mengetahui tujuan dari pembelajaran menulis dan memberikan pemahaman kepada siswa tentang menulis, pembelajaran cenderung membuat siswa pasif dan kurang aktif. Tujuan dari pembelajaran menulis adalah siswa mampu atau terampil menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam berbagai peristiwa komunikasi baik secara lisan ataupun tulisan. Agar tercipta pembelajaran menulis yang aktif, maka di gunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) untuk diterapkan dalam pembelajaran agar pembelajaran lebih aktif dan kreatif sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang di inginkan. Model pembelajaran STAD adalah model pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerjasama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Untuk menghasilkan teks narasi yang baik dan sesuai dengan model pembelajaran ada empat hal penting yang harus ada dalam cerita, yaitu (1) latar belakang, (2) masalah atau konflik, (3) puncak masalah atau puncak konflik, dan (4) penyelesaian masalah. Demi menciptakan pembelajaran STAD yang baik dan meningkatkan proses pembelajaran hendaknya harus mempehatikan langkah-langkah model pembelajaran STAD. Adapun langkah-langkah model pembelajaran STAD adalah (1) presentasi kelas, (2) kerja kelompok, (3) soal evaluasi, (4) skor kemajuan individual, dan (5) reward.
Keywords
menulis narasi; pembelajaran; model STAD
References
Burns, P. C, Betty, D dan Ross, E.P. 1996. Teaching Reading in Todays Elementary Schools. Chicago: Rand MC. Nally College Publishing Company. Huda, M. 2011. Cooperatif Learning (Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Keraf, G. (2007). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Putro, B. R. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Geografi Siswa Kelas X9 SMAN 1 Purwosari Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Tata Surya dan Jagad Raya. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang. Roestiyah N.K. 2001.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Rusyana, Y. 1984. Bahasa dan Sastra dalam Gempitan Pendidikan. Bandung: CV. Diponegoro. Slavin, E. R. 2008. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung : Nusa Media. Suparno dan Yunus M. 2002. Ketrampilan Dasar Menulis. Cetakan keduapuluh. Jakarta: Universitas Terbuka. Tarigan, H.G. 1983. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Tompkins, G.E. 1999. Teaching Writing: Balancing Process and Product. New York: Mac Millan Publishing.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.