PENTINGNYA MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN BERTINDAK DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV

Maria Akorlin Wawo Ria

Abstract


Media gambar merupakan alat atau bahan media pengajaran melalui gambargambar peragaan, foto-foto dan lain sebagainya. Tujuan menggunakan media gambar untuk membantu kelancaran, keefektifan dan efisiensi. Oleh sebab itu, media pembelajaran dapat memperjelas penyajian dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar dan media yang digunakan di sini adalah media gambar. Jenis penelitianyang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Menurut jenisnya penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Secara sederhana, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat didefinisikan sebagai sebuah proses investigasi terkendali yang berdaur ulang dan bersifat reflektif mandiri yang dilakukan oleh guru/calon guru yang memiliki tujuan untuk melakukan perbaikanperbaikan terhadap sistem, cara kerja, proses, isi, kompetensi, atau situasi pembelajaran Penelitian ini akan dilaksanakan di SDI Paupaga pada semester genap tahun 2017, yang beralamat di Desa Paupaga, Kecamatan Inerie, Kabupaten Ngada, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Paupaga dengan jumlah siswa 22 yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan.

Keywords


Media gambar; IPS; Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip Teknik Prosedur). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Aqib, Zainal. 2014. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya. . Depdiknas. 2016. Pengembangan Model Pendidikan Kecakapan Hidup (SD/MI/SDLB-SMP/MTs/SMPLB-SMA/MA/SMALB/SMK/MAK). Jurnal Publikasi. Jakarta: Balitbang. Diakses peneliti pada tanggal 5 Desember 2017. Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia. Greenstein. 2012. Assessing 21st Century Skills (A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning). California: A Sage Company. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Disusun Berdasarkan Kurikulum Terbaru Nasional Perguruan Tinggi Agama Islam. Bandung: CV Pustaka Setia. Hastuti. 2010. Efektivitas Penggunaan Media Visual Berbentuk Gambar Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP YPAC Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Publikasi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta. Diaskes 25 Nopember 2016. Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasn Komunikasi antar Peserta Didik. Pekan Baru: Pustaka Pelajar. Jauhar, Mohamad. 2011. Implementasi Paikem: dari Behavioristik sampai Kontruktivistiki. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya. Johnson, B. Elaine. 2014. Contextual Teaching & Learning (CTL). Bandung: Kaifa. Kosasi dan Soetjipto. 2011. Profesi Keguruan. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta. Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Majid, Abdul. 2015. Penilaian Autentik Proses Dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Moleong, L.J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mumtahanah, Nurotun. 2014. Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Publikasi. Diakses peneliti pada tanggal 20 Oktober 2016. Munir. 2013. Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Milles, M.B. dan Huberman, A.M. 2014. Analisis Daat Kualitatif Buku Sumber tentang Model-model Baru. Jakarta: UI Press.

Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Rahman, A. 2014. Penggunaan Media Visual Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Di Kelas IV MI YAPIA Parung. Jakarta: Universitas Islam Negeri Jakarta: Skripsi tidak diterbitkan Diakses 16 September 2016. Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. giyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Smaldino, Lowther & Russel. 2014. Instructional Technology & Media For Learning. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor (Konsep Dan Aplikasi). Jakarta: PT Raja Gravindo. Susilo, Herawati. 2012. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.