MODEL LEARNING CYCLE DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKN

Hirnanda Dimas Pradana, Dedi Kuswandi, Sulton Sulton

Abstract


Learning Cycle (LC) merupakan salah satu model pembelajaran kontruktivis yang dapat membantu pebelajar dalam membentuk pengetahuan mereka. Pembelajaran dapat dikatakan suatu upaya yang dapat dilakukan untuk membelajarkan pebelajar. Tahapan pelaksanan LC memiliki perkembangan, pertama kali muncul memiliki tiga tahapan (Exploration, Introduction Term, dan Concept Apllication), kemudian berkembang menjadi lima tahapan (Engage, Explorer, Explain, Elaborate, dan Evaluate), dan saat ini LC telah berkembang menjadi tujuh tahapan (Elicit, Engage, Explorer, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend). Dalam artikel ini akan dibahas tentang sintaks atau tahapan dalam model LC yang terdiri dari tujuh tahapan, peran pembelajar dalam pembelajaran dengan model LC, faktor-faktor yang harus diperhatikan agar LC dapat berjalan secara efektif dan efisien, serta analisis kekuatan dan kelemahan yang ada pada LC. Pada kenyataanya LC dapat membantu pembelajar dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi pebelajar. Pembelajaran dapat menjadi bermakna apabila pebelajar terlibat langsung secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords


Learning Cycle; Model Pembelajaran; Pembelajaran Bermakna

Full Text:

PDF

References


Aksela, M. 2005. Disertation: Supporting Meaningful Chemistry Learning and Higher-order Thinking through Computer-Assisted Inquiry: A Design Research Aproach. Helsinky : Faculty of Science University of Helsinky. Ali, M. 1993. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Bozorgpouri , M. 2016. The Study Of Effectiveness Of Seven-Step (7e) Teaching Method In The Progress Of English Learning In Students Shiraz City. The Turkish Online Journal of Design, Art and Communication. Chiappetta, E. L & Koballa, T. R., Jr. (2010). Science Instruction In The Middle And Secondary Schools. Boston: Allyn & Bacon. Eisenkraft. 2003. Expanding the 5E Model. The Science Teacher. Journal. Vol. 70, No. 6, pp. 56-59

Kuo, F.-R., & Hwang, G.-J. 2014. A Five-Phase Learning Cycle Approach to Improving the Web-based Problem-Solving Performance of Students. Educational Technology & Society. 17 (1), 169–184. Marek, E.A. 2008. Why Learning Cycle”. Journal of Elementary Science Education. Vol 20, No. 3, pp. 63-99. Mecit, O. 2006. The Effect of 7E Learning Cycle Model on The Improvement of Fifth Grade Students’ Critical Thinking Skills”. Doctoral Dissertation, Middle East Technical University. Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung: Alfabeta. Santoso, S. 2005. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara. Trianto.2010.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : PT. Kencana. Turkem, H. & Topkac, D.D. 2015. Effects of Learning Cycle Model in Preschool Kids Learning of the Growth of Plant. Participatory Educational Research (PER) Vol 2 (3) pp. 32 – 42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.