KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI TEACHING INTELECTUAL AND EMOTIONAL LEARNING (TIEL)

Fisqiyyatur Rohmah, Markus Diantoro, Wartono Wartono

Abstract


Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan nasional adalah dengan menggalakkan pendidikan berkarakter sejak ditetapkanya UU nomor 20 tahun 2003 pasal 3. Berdasarkan Undang-Undang tersebut, pemerintah terus menyempurnakan kurikulum dan akhirnya telah menetapkan kurikulum 2013 yang sangat menekankan pendidikan berkarakter. berdasarkan PP no 23 tahun 2006 juga menekankan pembelajaran yang mencakup pola berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif secara mandiri. Peranan penting kecerdasan emosional dalam proses belajar siswa telah dibuktikan oleh Randler (2009) dan Dracinshi (2012). Pesatnya perkembangan zaman mengharuskan pendidik dapat menggunakan model pembelajaran yang tepat dengan tuntutan intelektual dan sosial emosional yang lebih tinggi. Salah  satu  pembelajaran yang dapat diterapkan dengan melibatkan Intelektual dan emosional adalah Guided Inquiry terintegrasi Teaching for Intellectual and Emotional Learning (TIEL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Fisika topik fluida dinamis dengan model pembelajaran Guided Inquiry terintegrasi Teaching for Intellectual and Emotional Learning (TIEL) untuk melihat hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method yang terdiri dari dua proses yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah embedded design model. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School dengan subjek penelitian sebanyak 2 kelas. Model pembelajaran Guided Inquiry terintegrasi Teaching for Intellectual and Emotional Learning (TIEL) diterapkan di kedua kelas dengan perlakuan yang sama. Kedua kelas mendapatkan materi fluida dinamis selama 4 kali pertemuan. instrumen pengukuran berupa soal hasil belajar bentuk pilihan ganda, soal berpikir kritis bentuk uraian, lembar observasi, angket dan wawancara.

Keywords


model pembelajaran Guided Inquiry; TIEL; hasil belajar; kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing, A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objective. New York: Addison Wesley Longman Inc. Costa, A.L. 1985. Goals for a critical thinking curriculum. Developing Mind: a Resource Book for Teaching Thinking. Ascd: alexandria, virginia. Dracinschi, M.C. 2012. Values and Beliefs in social and Emotional Education. International Journal of Global Education, Vol.1(3) :19-25. Ennis, Robert H. (1996a) Critical thinking. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall Folsom, C. 2005. Exploring a New Pedagogy : Teaching for Intellectual and Emotional Learning (TIEL). Issue in Teacher Education, Vol.14(2). Folsom, C. 2009. Teaching for Intellectual and Emotional Learning (TIEL): Bringing Thinking and Moral-Ethical Learning into Classrooms. Published in D. Ambrose & T. Cross (Eds.), Morality, ethics, and gifted minds.Springer Publishing Company : New York. Khan, M.A. 2009.Teaching of Heat and Temperature by Hiphotetical Inquiry Approach : a sample of Inquiry Teaching. Journal of Physics Teacher Education, Vol.5(2) : 43-64. Kuhlthau,C.C., dkk. 2007. Guided inquiry: learning in the 21st century, westport, conn. Scis 1346205. Luginbuhl, L. 2010. Self monitoring to minimize student resistance to inquiry. Journal of Physics Teacher Education, Vol.5(3):11-25. Randler, C. 2009. Association Between Emotional Variable and school Achivement. International Journal of Instruction. Vol.2(2):3-10. Santrock, J.W. 2011. Educational Psychologi Fifth Editions. Americas, New York, NY : McGraw-Hill Companies. Wahyudin. 2010. Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol.6:58-62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.