PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING DENGAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN PENANGGUNGAN MALANG

Fariz Syafrial Davi, Herawati Susilo, M. Ramli

Abstract


Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan menerjemahkan dalam proses belajar sehingga terdapat hasil. Kemampuan berpikir kritis dibutuhkan untuk mengembagkan kemampuan siswa serta hasil belajar siswa, maka dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan peningktana berpikir kritis. Model pembelajaran Brain Based Learning sesuai dengan tujuan penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan berbantuan Mind Map pada siswa kelas IV SD, sehingga dapat tercapai sesuai dengan tingkatan capaian perkembangan siswa, karena dalam perkembangan siswa SD kelas tinggi sudah dapat berpikir konkret dan tingkat tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpalan data yang digunakan adalah tes tulis, wawancara, observasi dan dokumen. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ditinjau dari 3 tahapan yaitu (1) penggunaan model pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi yang diamati melalui lembar kinerja guru dan siswa, (2) kemampuan berpikir kritis siswa pada proses belajar menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning dengan Mind Map. (3) hasil belajar siswa meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor yang ditinjau dari dokumen hasil tes tulis

Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis; Hasil Belajar; Brain Based Learning; Mind Map

Full Text:

PDF

References


Buzan, T. 2008. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia. Harjanto. 2005 Perencanaan Pengajaran,Jakarta: PT rIneka Cipta Hyerle, David N. & Larry Alper. 2012. Thinking Maps (Peta Pemikiran). Jakarta : PT. Indeks., Jensen, E. 2008. Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak: Cara Baru dalam Pengajaran dan Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sumiati dan Asra, M, 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta Syaiful Sagala. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV. ALFABETA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.