PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING DENGAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN PENANGGUNGAN MALANG
Fariz Syafrial Davi, Herawati Susilo, M. Ramli
Abstract
Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan menerjemahkan dalam proses belajar sehingga terdapat hasil. Kemampuan berpikir kritis dibutuhkan untuk mengembagkan kemampuan siswa serta hasil belajar siswa, maka dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan peningktana berpikir kritis. Model pembelajaran Brain Based Learning sesuai dengan tujuan penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan berbantuan Mind Map pada siswa kelas IV SD, sehingga dapat tercapai sesuai dengan tingkatan capaian perkembangan siswa, karena dalam perkembangan siswa SD kelas tinggi sudah dapat berpikir konkret dan tingkat tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpalan data yang digunakan adalah tes tulis, wawancara, observasi dan dokumen. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ditinjau dari 3 tahapan yaitu (1) penggunaan model pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi yang diamati melalui lembar kinerja guru dan siswa, (2) kemampuan berpikir kritis siswa pada proses belajar menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning dengan Mind Map. (3) hasil belajar siswa meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor yang ditinjau dari dokumen hasil tes tulis
Keywords
Kemampuan Berpikir Kritis; Hasil Belajar; Brain Based Learning; Mind Map
References
Buzan, T. 2008. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia. Harjanto. 2005 Perencanaan Pengajaran,Jakarta: PT rIneka Cipta Hyerle, David N. & Larry Alper. 2012. Thinking Maps (Peta Pemikiran). Jakarta : PT. Indeks., Jensen, E. 2008. Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak: Cara Baru dalam Pengajaran dan Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sumiati dan Asra, M, 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta Syaiful Sagala. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV. ALFABETA
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.