PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) MELALUI MEDIA NEWS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Faradiza Ainnur Deviyanti, Nur Pangesti Apriliyan, Veri Ikra Mulyadi

Abstract


IPS adalah salah satu mata pelajaran yang kurang diminati siswa karena cenderung banyak menghafal. Hal tersebut menyebabkan siswa malas mempelajarinya dan cenderung pasif. Salah satu cara yang dapat digunakan guru untuk menciptakan kondisi belajar yang menarik bagi siswa yaitu menerapkan model pembelajaran yang tepat karena pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang dapat membangun kepercayaan diri dan mendorong partisipasi siswa. Serta penggunaan media sangat penting dalam proses pembelajaran. Media yang dipilih untuk penelitian ini adalah media news bahwa salah satu fungsi media news (berita cetak) yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis dan keterampilan berdiskusi. Sehingga media tersebut dapat merangsang pola fikir siswa dalam menyikapi masalah dalam news yang telah dibacanya, sehinnga perlu diketahui penerapan model pembelajaran think-pair-share (TPS) melalui media news terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial melalui model pembelajaran think-pair-share (TPS) melalui media news. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model Spiral Hopkins. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata–rata siswa mendapat 70,0 dengan nilai tes tertinggi adalah 93, sedangkan nilai terendah adalah 60 dan pada siklus ke II nilai rata–rata siswa mencapai 79,7 dengan nilai tes tertinggi adalah 100, sedangkan nilai terendah adalah 65. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dengan menggunakan model pembelajaran think-pair-share melalui media news pada mata pelajaran IPS  materi masalah sosial hasil belajar siswa meningkat.

Keywords


Hasil Belajar; IPS; Pembelajaran Think-Pair-Share Melalui Media News

Full Text:

PDF

References


Aryani, Nyoman Ayu dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Online), Vol. 2, No. 1, (http://portalgaruda.org/article

Barus, Sedia W. 2010. Jurnalistik Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: Erlangga. Chaer, A. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Oemar, Hamalik. 2008. Proses Belajar mengaajar. Jakarta: Sinar Grafika Robet, Slavin. 2008. Cooperatif Learning: theory, riset dan praktek. Bandung: Nusa Media. Sugiono. 2012. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi, Arikunto, 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Renika Cipta. Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Triyanto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka. Yunus, S. 2010. Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.