PEMANFAATAN SOCIAL LEARNING NETWORK DALAM MENDUKUNG KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA

Maharani Lelasari, Punaji Setyosari, Saida Ulfa

Abstract


Sosial Learning Network (SLN) merupakan laman yang secara khusus dirancang untuk pembelajaran melalui jejaring sosial (social network). Schoology merupakan perangkat lunak bagian dari social learning network yang didesain untuk pembelajaran online, melibatkan para siswa, memungkinkan untuk berkolaborasi baik antara sesama pebelajar maupun pembelajar dan pebelajar secara virtual, memungkinkan pengguna berbagi materi pembelajaran dan meningkatkan keterampilan kolaborasi pebelajar secara virtual. Dengan menggunakan schoology membantu guru dalam membuka kesempatan komunikasi yang luas kepada siswa agar siswa dapat lebih mudah untuk berperan dalam suatu diskusi atau kerjasama dalam kelompok. Melalui teknologi SLN Schoology ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dan melatih keterampilan sosial serta meningkatkan keterampilan kolaborasi pebelajar. Keterampilan kerja sama atau kolaborasi harus dimiliki oleh peserta didik sebagai keterampilan hidup. Yang mana bukan hanya aspek intelektual saja yang dipentingkan, namun seluruh aspek dari etika, intelektual, sosial, religi, estetika, rasa, fisik, harus dikembangkan dalam diri peserta didik. Mengingat kemajuan media e-leaning dan jaringan internet begitu pesat, maka aktivitas kerja sama atau kolaborasi pebelajar pada masa ini tidak hanya secara konvensional saja, melainkan dapat dilakukan secara online kapan saja dan dimana saja untuk tetap terhubung dengan sesama pebelajar dalam melakukan tukar pikiran, perasaan, berkoordinasi dan memecahkan masalah secara bersama-sama.

Keywords


Social Learning Network; Schoology; Keterampilan kolaborasi

Full Text:

PDF

References


Al-Rahmi, W. Zeki, A.M. 2016. A Model of Using Social Media for Collaborative

Learning to Enchance Learners Performance on Learning.(Online).

(www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1319157816300672), diakses pada tanggal 15 April 2017. Firmansyah, Beny H. 2015. Pengembangan Blended Learning Berbasis Schoology: Prosiding Seminar Nasional UM 2015. Greenstein, L. (2012) Beyond the core: Assessing authentic 21st century skills. Principal Leadership, 13 (4) Law, Quenie P.S., So, Henry C.F., Chung, Joanne W.Y. 2017. Effect of Collaborative Learning on Enhancement of Student’ Self-Efficacy, Social Skills and Knowledge toward Mobile Apps Development, American Journal of Educational Research: Vol 5. (Online) (Pubs.sciepub.com/education/5/1/4/), diakses pada tanggal 20 April 2017. Masaaki, Sato. (2012). Dialog dan Kolaborasi di Sekolah Menengah Pertama Praktek “Learning Community”. Jakarta: Depdiknas/Depag-JICA Novak, E., Razzouk, R., Johnson, E., 2012. The educational use of social annotation tools in higher education. The Internet and Higher Education : Vol 15. (Online). (ww.sciencedirect.com/science/article/pii/ S109675161100056X), diakses pada tanggal 16 April 2017. Redecker, C., Ala-Mutka, K., & Punie, Y. (2010). Learning 2.0-The impact of social media on learning in Europe. JRC Scientific and Technical Report: Vol:13. (Online). diakses pada tanggal 16 April 2017. Slavin, Robert. 2009. Educational Psycology: Theory and Practice, Eight Edition. Terjemahan Samosir 2009. Jakarta:Indeks. Setyosari, Punaji. 2009. Pembelajaran Kolaborasi Landasan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial, Rasa Saling Menghargai dan Tanggung Jawab. Universitas Negeri Malang. Brady, K. P., Holcomb, L. B., & Smith, B. V. (2010). The use of alternative social networking sites in higher educational settings: A case study of the elearning benefits of Ning in education. Journal of Interactive Online Learning, 9(2). (Online). (Www.ncolr.org/jiol/issues/pdf/9.2.4.pdf) diakses pada tanggal 20April 2017. Williams, S. (2003). Clerical medical feeds back on blended learning. Industrial and Commercial Training, 35(1), 22–25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.