PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATAPELAJARAN IPS DI SEKOLAH MENENGAH
Ramadhana Agung Pratama, Saida Ulfa, Dedi Kuswandi
Abstract
Video pembelajaran yaitu suatu media yang menyajikan audio dan visual yang berisi materi-materi pembelajaran yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran yang diajarkan. Video sendiri merupakan bahan pembelajaran audio visual yang dapat digunakan dalam menyampaikan pesan-pesan/materi pelajaran. Video pembelajaran dapat digolongkan menjadi jenis media audio visual aids (AVA) atau media yang dapat dilihat dan didengar. Pemanfaatan video dalam pelaksanaan pembelajaran dapat untuk memfasilitasi keterbatasan atau kesenjangan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran menggunakan media visual. Kata media yang berarti “perantara” atau “pengantar” . Education Association (NEA) mendefinisikan sebagai suatu alat yang dapat memanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrument yang dipergunakan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar. selain video sebagai media untuk menyuarakan gagasan atau kepentingan-kepentingan suatu kelompok kecil terhadap orang luar atau pihak lain, video sebenarnya hanyalah alat bantu dalam pembelajaran atau media bantu. Dalam kegiatannya proses-proses pendidikan dan pengorganisasian masyarakat sebagai tujuan-tujuan perubahan sosial. Dengan kata lain, video itu sendiri sebagai suatu hasil kerja (product). Tidak dapat dipungkiri bahwa pemanfaatan media dalam proses belajar mengajar memberikan andil yang besar oleh peserta didik. Prestasi peserta didik akan meningkat dalam suatu mata pelajaran apabila peserta didik tersebut memahami benar terhadap materi pelajaran yang dipelajari. Awal lahirnya peserta didik dalam menyukai suatu materi pelajaran adalah karena adanya motivasi, adanya dorongan yang membuat rasa senang peserta didik dalam mempelajari materi tersebut.
Keywords
Video Pembelajaran; IPS; Sekolah Menengah
References
Arsyad, A. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Mufarokah, A. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: TERAS. Poerwadarminta. 1986. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Riyana, C. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI. Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Samlawi dan Maftuh. 1999. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Soekanto, S. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.