PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Chairun Nisa, Punaji Setyosari, Sulthoni Sulthoni

Abstract


Kemampuan literasi digital dan penguasaan teknologi informasi perlu dimiliki setiap orang di abad 21 ini. Terutama oleh para pendidik dalam rangka mendukung kegiatan pembelajaran. Karena saat ini merupakan era pendidikan untuk peserta didik generasi Z. Peningkatan penggunaan dan familiaritas terhadap teknologi dalam berbagai aspek kehidupan merupakan karakteristik umum generasi Z. Karena itu, pendidik dituntut akrab dengan teknologi dan memanfaatkannya dalam pembelajaran. Selain untuk meningkatkan motivasi belajar serta efektivitas pembelajaran, namun juga untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan ini merupakan hal penting yang harus dikuasai peserta didik agar terampil mengklarifikasi informasi yang didapatkan di era Big Data ini. Karena itulah kemampuan ini perlu difasilitasi dalam pembelajaran. Bentuk pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran yang dapat diadaptasi pendidik diantaranya adalah pemanfaatan media dan multimedia pembelajaran, pemanfaatan jejaring sosial dan e-learning. Setiap bentuk pemanfaatan teknologi tersebut memiliki dukungan riset ilmiah yang cukup banyak serta kelebihan dan kelemahan masingmasing. Sehingga untuk memilih yang tepat, tujuan pembelajaran, konten hingga karakteristik khusus peserta didik perlu dipertimbangkan.

Keywords


Teknologi Informasi; Kemampuan Berpikir Kritis; Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Barnes & Noble College. 2016. Getting to Know Gen Z – Exploring Middle and High Schoolers’ Expectations for Higher Education. (Online). (https://www.bncollege.com/Gen-Z-Research-Report-Final.pdf) Ennis, R.H. 1991. Goals for a Critical Thinking. Illinois Critical Thinking Project: University Illinois. Januszewski, A dan Molenda, M. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. Lawrence Erlbaum Associates Taylor & Francis Group 270 Madison Avenue New York Kustijono, R. 2012. Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Facebook dalam Mata Kuliah Multimedia Pada Mahasiswa Fisika UNESA. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, (Online), 2 (1), (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/403/253). Munir. 2009. Kontribusi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan di Era Globalisasi Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK), (Online), 2 (2), (http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_TIK/Jurnal_Pend_TI K_Vol_2_No_2/KONTRIBUSI_TEKNOLOGI_INFORMASI_DAN_KOM UNIKASI_%28TIK%29_DALAM_PENDIDIKAN_DI_ERA_GLOBALIS ASI_PENDIDIKAN_INDO NESIA.PDF). Ormrod, J.E. 2009. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jilid 1. Jakarta : Erlangga Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor I1 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (Online). (https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/users/4761/UU%2019%20Tah un%202016.pdf) Wikipedia. Teknologi Informasi. (Online), (https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.