TEKNOLOGI KOMPUTER SEBAGAI INSTRUMEN DIAGNOSIS KESALAHAN BERPIKIR SISWA UNTUK MENGONSTRUKSI KONSEP MATEMATIKA SERTA PEMECAHAN MASALAH DALAM KARAKTERISASI BERPIKIR PSEUDO

Moh. Syadidul Itqan

Abstract


Perkembangan peradaban ilmu pengetahuan manusia berjalan seiring perkembangan ilmu teknologi, salah satunya adalah teknologi komputer. Dunia pendidikan juga semakin familiar dengan teknologi komputer. Banyak pendidik yang memanfaatkan teknologi komputer sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan menganalisa kesalahan berpikir untuk mengonstruksi konsep matematika serta pemecahan masalah menggunakan teknologi komputer. Teknologi komputer digunakan sebagai instrumen diagnosis. Teknologi komputer yang digunakan adalah microsoft office power point 2010. Nantinya instrumen berupa beberapa pernyataan matematika yang harus ditentukan nilai kebenaran oleh siswa beserta alasannya. Penelitian  dilakukan kepada 30 siswa Sekolah Dasar Insan Terpadu Paiton Kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik kesalahan berpikir siswa untuk mengonstruksi konsep matematika mencakup kesalahan berpikir pseudo konseptual dan pseudo analitik, serta pseudo benar dan pseudo salah.

Keywords


Teknologi komputer; Konstruksi konsep matematika; Berpikir pseudo

Full Text:

PDF

References


Inoue, Yukiko and Bell Suzanne. 2006. Educational Technology and Learning Theories. University of Guam Leron, U. 2004. Intuitive versus Analytical Thinking: four Theoretical Frameworks. Online. (http://edu.tech-nion.ac.il/Faculty/Uril), diakses 14 Februari 2017. Moleong, Lexy J.. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia Neo, K. 2007. Using multimedia in a constructivist learning environment in the Malaysian classroom. Australian Journal of Educational Technology Peter & Yeni. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Balai Pustaka. Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Ritchie & Lewis. 2003. Qualitative Research Practice: A Guide for Social Science Students and Researchers Sage Subanji. 2007. Proses Berpikir Penalaran Kovariasional Pseudo dalam Mengkonstruksi Grafik Fungsi Kejadian Dinamik Berkebalikan. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Surabaya. Vinner, S.1997. The Pseudo-Conceptual and the Pseudo-Analytical Thought Processes in Mathematics Learning. Educational Studies in Mathematics 34, pp. 97-129. Wibawa, Kadek Adi. 2013. Defragmenting Berpikir Pseudo Siswa dalam Memecahkan Limit Fungsi . Prosiding 2. Seminar Nasional Exchange of Experiences Teacher Quality Improvement Program (TEQIP) 2013. Universitas Negeri Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.