PERAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Miftahul Husna, I Nyoman Sudana Degeng, Dedi Kuswandi

Abstract


Perkembangan IPTEKS yang begitu pesat membawa perubahan dalam dunia pendidikan. Pendidikan masa kini merupakan pendidikan yang menekankan cara belajar dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.  Multimedia interaktif hadir sebagai sebuah produk hasil dari kecanggihan teknologi. Multimedia interaktif diartikan sebagai media pembelajaran berbasis komputer yang dapat difungsikan sebagai alat untuk menyampaikan pesan ilmu pengetahuan yang efektif. Peranan dari multimedia interaktif di dalam pembelajaran tematik ialah sebagai sarana pendukung untuk terciptanya pembelajaran yang efektif, membantu guru agar lebih kreatif dalam menyampaikan dan merancang pembelajaran, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, kemauan belajar siswa dan dapat berperan sebagai salah satu sumber belajar mandiri bagi siswa, sehingga multimedia interaktif secara sengaja bertujuan untuk memusatkan perhatian siswa terhdap materi yang sedang dipelajari dan dapat diterima dengan baik oleh siswa

Keywords


multimedia interaktif; pembelajaran tematik; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Akbar, Qurrotul’ayun, Satriyani, Widodo, Paranimmita & Ferisa. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung : Remaja Rosdakarya Degeng, Nyoman. 2013. Ilmu Pembelajaran. Bandung: Aras Media Standar Nasional Pendidikan, 2005, Ciputat: LeKdIs Leow, T.F & Neo, M. 2014. Interactive Multimedia Learning : Innovating Classroom Education In A Malaysian University. The Turkish online Journal of Educational Technology Volume 13 Issue 2. Diakses pada tanggal 25 Maret 2017

Levy, S & Gamboa, F. 2013. Quality Requirements For Multimedia Interactive Informative Systems. Sientific Research : Journal of Software Engineering and Aplications, (online). (http://www.scirp.org/journal/jsea) diakses pada tanggal 4 April Kurniawan, A, Degeng I.N.S, & Irawan, E.B. 2015. Penerapan Problem Posing Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mengubah Bentuk Pecahan (Studi Siswa Kelas V SDN Pandanwangi 5 Blimbing Kota Malang). Tesis tidak diterbitkan. Malang : PPs UM Munir. 2015. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pembelajaran. Bandung : Alfabeta Naning. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif IPS Tema Indahnya Negeriku Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Malang : PPs UM Permendikbud Nomor 67. 2013 Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta : Depdiknas Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Standar Pendidikan Nasional Phillips, R. 1997. The Developers Handbook to Inteactive Multimedia, London : Kogan Page Prastowo,A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik. Jakarta : Prenadamedia Group Purnama, B. 2013.Konsep Dasar Multimedia. Surakarta : Graha Ilmu. Putri, M. 2015.Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Tematik Subtema Keberagaman Hewan dan Tumbuhan Kelas IV SD. Tesis tidak diterbitkan. Malang : PPs UM Smaldino, S.E, Lowther, D.L., & Russell, J.D. 2011. Instructional Technology And Media For Learning : Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana Sudjana, N & Rivai, A. 2010. Media Pengajaran Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung : Sinar Baru Su’udiah, F, Degeng, I.N.S, & Kuswandi, D. 2016. Pengembangan Buku Teks Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan : Teori Penelitian dan Pengembangan Volume 1. Diakses pada tanggal 25 Maaret 2017 Suryono, N, Kuswandi, D & Irawan, EB. Pembelajaran Matematika SD Materi Bangun Ruang Menggunakan Multimedia Interaktif. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional “Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar dalam Menghadapi Daya Saing Regional (ASEAN)”, Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 24 Mei 2016. Syakur, Ardhana, Degeng INS, & Setyosari. 2015. Pengaruh Beban Kognitif Pembelajaran Multimedia dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Aplikasi Pengelola Angka. Disertasi dan Tesis. PPS : UM Utari, U, Degeng, I.N.S, & Akbar, S. 2016. Pengembangan Buku Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Bugis Makasar Untuk Siswa Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Malang : PPS UM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.