MODEL BIMBINGAN KARIER UNTUK MEWUJUDKAN TEACHING UNIVERSITY DENGAN PENDEKATAN MULTIKULTURAL
Abstract
Secara keseluruhan mahasiswa UNS dapat dikatakan sebagai mahasiswa yang berpotensi, karena telah dinyatakan lulus dan berhasil mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Namun dalam pencapaian keberhasilan belajar masih banyak mahasiswa yang lulus: IP tidak tinggi, tidak tepat waktu, bahkan ada yang mengalami kegagalan belajar. Ini berarti program keberhasilan teaching university masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model bimbingan karier untuk mewujudkan teaching university dengan pendekatan multikultural. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and development), dengan dua rancangan, yaitu: survai, dan evaluatif. Survai dilakukan sebagai penelitian pendahuluan untuk mengetahui kondisi pendukung yang terkait dengan produk model yang akan dikembangkan. Penelitian evaluatif, digunakan dalam uji ahli dan praktisi terhadap pengembangan produk. Populasi yang digunakan sebagai subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS), yang terdiri dari sembilan fakultas (Hukum, Ekonomi, ISIP, Sastra, KIP, MIPA, Pertanian, Kedokteran, dan Teknik). Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 sampai 8 Progdi PKh di Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP, Biologi F..MIPA, dan Sastra Indonesia F. Sastra. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive cluster sampling. Jumlah sampel 121 orang mahasiswa. Teknik pengumpul data menggunakan wawancara, kuesioner. Data dianalisis dengan persentase dan deskriptif kualitatif. Hasil analisis T test menunjukkan bahwa model bimbingan karier dengan pendekatan multikultural efektif untuk mewujudkan teaching university, yaitu IP tinggi dan studi tepat waktu. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat dikemukan rekomendasi sebagai berikut: Kepada Lembaga UNS, hendaknya memperhatikan kebutuhan-kebutuhan yang mutlak diperlukan mahasiswa, apabila mereka diharapkan dapat mengembangkan potensinya secara optimal,memiliki IP tinggi dan studi tepat waktu.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
View Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling Stats