Deprecated: Non-static method PKPApplication::defineExposedConstant() should not be called statically in /var/www/pasca/conferences/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 545

Deprecated: Non-static method PKPApplication::getExposedConstants() should not be called statically in /var/www/pasca/conferences/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 513
HUBUNGAN HASIL TES BAKAT NUMERIKAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA | Alauddin | Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling

HUBUNGAN HASIL TES BAKAT NUMERIKAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA

Nurlatifah Alauddin

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu internal dan eksternal. Salah satu aspek dalam faktor internal adalah bakat. Bakat merupakan potensi unggul yang memungkinkan seseorang berprestasi tinggi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan hasil tes bakat numerikal dengan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional untuk melihat hubungan antara hasil tes bakat numerikal dengan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan instrument penelitian yang berupa tes psikologi yang mencakup tentang tes bakat numerikal serta menggunakan instrument dokumentasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan hasil tes bakat numerikal dan hasil prestasi belajar matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan uji korelasi product moment untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kedua variabel dan menggunakan uji signifikansi untuk mengetahui seberapa besar hubungan yang terjadi antara kedua variabel. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan kuat, dengan rh>rt artinya semakin baik kemampuan numerikal siswa maka semakin baik pula prestasi belajar matematikanya, dan ada hubungan yang signifikan antara bakat numerikal yang dimiliki dengan prestasi belajar matematika yang ditunjukan dengan besarnya th yang lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5% atau 1%. Sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan numerikal merupakan variabel yang ikut menentukan prestasi belajar matematika siswa, jadi kemampuan numerikal berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Sehingga semakin tinggi kemampuan numerikal siswa, maka semakin baik juga tingkat prestasi belajar matematikanya dan sebaliknya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

google.png


View Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling Stats