EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN KARIER DISCREPANCY MODEL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA KONSELOR

Muhammad Nikman Naser, Ferisa Prasetyaning Utami

Abstract


Evaluasi merupakan proses untuk menentukan kualitas keberhasilan dan wujud akuntabilitas pelaksanaan program bimbingan dan konseling di Sekolah. Penilaianprogram dirancang menggunakan standar dan kriteria sesuai kerangka kerja program BK komprehensif. Fenomena yang menjadi fokus perhatian ialah data dari badan pusat statistik tingkat pengangguran terbuka tahun 2016 didominasi oleh lulusan SMK yaitu 9,84%. Maka perlu adanya perhatian terhadap pelaksanaan bimbingan karier di sekolah.Pelaksanaan bimbingan karier di SMK kurang menunjukkan suatu ketercapaian program yang diharapkan baik dari pemerintah, kepala sekolah, guru, konselor, orangtua dan perserta didik.Discrepancy model merupakan salah satu model evaluasi  untuk melihat kesenjangan antara penyelenggaraan  dan realita disekolah, yang nantinya dapat tersusun rekomendasi mengenai peningkatan penyelenggaraan bimbingan karier.  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

google.png


View Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling Stats