EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN KARIER DISCREPANCY MODEL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA KONSELOR
Abstract
Evaluasi merupakan proses untuk menentukan kualitas keberhasilan dan wujud akuntabilitas pelaksanaan program bimbingan dan konseling di Sekolah. Penilaianprogram dirancang menggunakan standar dan kriteria sesuai kerangka kerja program BK komprehensif. Fenomena yang menjadi fokus perhatian ialah data dari badan pusat statistik tingkat pengangguran terbuka tahun 2016 didominasi oleh lulusan SMK yaitu 9,84%. Maka perlu adanya perhatian terhadap pelaksanaan bimbingan karier di sekolah.Pelaksanaan bimbingan karier di SMK kurang menunjukkan suatu ketercapaian program yang diharapkan baik dari pemerintah, kepala sekolah, guru, konselor, orangtua dan perserta didik.Discrepancy model merupakan salah satu model evaluasi untuk melihat kesenjangan antara penyelenggaraan dan realita disekolah, yang nantinya dapat tersusun rekomendasi mengenai peningkatan penyelenggaraan bimbingan karier.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
View Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling Stats