PENINGKATAN PERCAYA DIRI SISWA MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI PENDEKATAN PERSON CENTERED

Lestari Lestari, Rini Larassati, Laily Puji Astuti

Abstract


Percaya diri merupakan satu hal yang terdapat di dalam diri siswa, ada siswa yang memiliki percaya diri tinggi namun ada juga siswa yang memiliki percaya diri rendah. Salah fungsi guru Bimbingan dan Konseling dalam layanan bimbingan kelompok adalah untuk meningkatkan percaya diri siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan percayadiri menggunakan layanan bimbingan kelompok. Masalah penelitian ini kurang percaya diri. Metode penelitian ini adalah metode Pre Eksperimen dengan menggunakan Pre-Posttestdesign. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa yang kurang percaya diri. Hasil dari penelitian ini menggunakan analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon menunjukkan peningkatan percaya diri sebesar 22,5% dan diketahui bahwa sig= 0,000 < 0,05. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan percaya diri  siswa setelah pengunaan layanan bimbingan kelompok. Saran yang dapat dikemukakan dari penelitian yang telah dilakukan adalah: (1) Kepada guru Bimbingan dan Konseling dapat mengadakan layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan person centered dengan menggunakan tema penugasan untuk meningkatkan percaya diri siswa, sebagai salah satu program unggulan di sekolah; (2) Kepada Peneliti Selanjutnya, dapat melakukan penelitian mengenai masalah yang sama dengan subjek yang berbeda.  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

google.png


View Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling Stats