KEEFEKTIFAN PEER SUPPORT UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCIPLINE SISWA SMP

Debora Primawati Widayat

Abstract


Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk menyajikan gambaran mengenai keefektifan peer support untuk meningkatkan self discipline. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa – siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada SMPN 27 Malang  yang memiliki self discipline  (disiplin diri ) yang rendah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala self discipline  yang terdiri dari 90 item, diolah dengan menggunakan time series design.  Saran untuk penelitian ini adalah : 1) bagi konselor, hasil dan temuan pada penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi untuk membantu para konselor  dalam memperbaiki dan mengembangkan layanan di sekolah; 2) bagi sekolah, penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai informasi untuk meningkatkan self discipline siswa melalui pemanfaatan layanan Bimbingan dan Konseling dan peer support; 3) Bagi siswa, peer support dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk mengembangkan self discipline sehingga siswa sekolah menengah pertama (SMP) dapat mencapai tugas perkembangannya yang optimal; 4) Bagi penelitian lanjut, data dari penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan penelitian awal untuk mengembangkan penelitian lanjutan pada lingkup yang lebih luas berkenaan dengan aspek self discipline.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

google.png


View Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling Stats