TAP (TEACHER ADVISOR PROGRAM) SEBUAH STRATEGI KOLABORATIF ANTARA GURU DAN KONSELOR
Abstract
Untuk menwujudkan layanan bimbingan dan konseling yang maksimal dibutuhkan kolaborasi antara pihak-pihak terkait. Dalam perspektif bimbingan dan konseling perkembangan, kolaborasi menjadi hal yang penting. TAP (Teacher advisor program) menjadi konsep konkrit terjalinnya kolaborasi khususnya bagi guru dan konselor. Pelaksanaan TAP membutuhkan peran guru sebagai personil sekolah untuk menjadi penasihat peserta didik, dan konselor menjadi perantara diantara guru dan peserta didik. Melalui TAP diharapkan pelayanan bimbingan dapat menjangkau seluruh peserta didik dan tidak terjadi kerancuan antara kinerja guru dan konselor. Dalam pelaksanaannya guru yang berperan sebagi penasihat akan membimbing kelompok kecil dari peserta didik dan menjalin ikatan emosional. Akan ada pertemuan rutin yang diselengarakan antar peserta didik dengan penasihatnya dalam renatang waktu tertentu. Berbagai manfaat juga akan didapatkan dari adanya TAP baik dari peserta didik, konselor, dan guru. Tulisan ini disusun menggunakan kajian literatur dan penelitian terkait.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
View Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling Stats