PERSEPSI GURU TERHADAP KUALITAS PRIBADI KONSELOR DALAM MENINGKATKAN SINERGI PEMBELAJARAN BERWAWASAN PSIKOEDUKATIF

Amallia Putri, Thrisia Febrianti, Mulawarman Mulawarman

Abstract


Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengkaji secara teoritik mengenai persepsi guru mata pelajaran terhadap kualitas pribadi konselor dalam membangun kolaborasi yang baik untuk meningkatkan sinergi pembelajaran berwawasan psikoedukatif di sekolah. Ada tiga isu sentral tentang kualitas pribadi konselor yaitu pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian. Efektivitas pelayanan bimbingan dan konseling dapat terbentuk dengan membangun persepsi positif dari guru mata pelajaran terhadap konselor sekolah. Hal ini dibuktikan dengan besarnya pengaruh guru mata pelajaran dalamĀ  mencipakan efektivitas pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Guru mata pelajaran dapat menjalankan perannya dengan memasyarakatkan bimbingan dan konseling kepada peserta didik dan memberikan informasi terkait peserta didik kepada konselor. Dengan adanya kerjasama yang baik antara kedua pihak yaitu guru mata pelajaran dan konselor maka pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah akan menjadi efektif dan optimal. Persepsi positif dari guru mata pelajaran terhadap konselor dapat terwujud apabila konselor mampu menunjukkan kualitas pribadi yang positif. Munculnya persepsi positif dari guru mata pelajaran terhadap konselor dapat meningkatkan partisipasi dari guru mata pelajaran terhadap layanan bimbingan dan konseling di sekolah, sehingga sinergi pembelajaran berwawasan psikoedukatif dapat ditingkatkan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

google.png


View Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling Stats