PERANAN LATIHAN OLAHRAGA TERHADAP PERKEMBANGAN OTAK (BRAIN) DALAM PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA

Firman Eko Santoso

Abstract


Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang
berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam
berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan
kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis.Dengan di
terbitkannya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan akan memberikan peluang untuk
menyempurnakan kurikulum yang komprehensif dalam rangka mencapai
tujuan pendidikan nasional. Cooperative learning sangat cocok digunakan
untuk menerapkan prinsip-prinsip pelaksanaan Kurikulum 2013 karena jika
dilihat dampak pembelajarannya secara menyeluruh adalah meningkatkan
rasa percaya diri siswa serta berfikir lebih kritis. Para orang tua atau guru
harus mampu menciptakan kondisi lingkungan dan belajar yang kondusif,
terutama melalui aktivitas fisik, agar perkembangan otak anak didiknya
dapat lebih baik. olahraga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir
pelakunya, karena olahraga yang dilakukan secara terprogram, teratur dan
terukur akan meningkatkan kesehatan secara jasmaniah yang berupa fisik
lebih kuat, tahan, dan segar. dampak latihan yang baik akan memperlancar
proses sirkulasi darah dan pemenuhan kebutuhan oksigen keseluruh bagian
tubuh, termasuk ke otak, sehingga otak selalu mendapatkan pasokan cukup
energi yang dibawa oleh darah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISBN: 978-602-71836-36

Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.