PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SMP NEGERI DI KABUPATEN TULUNGAGUNG (STUDI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMP NEGERI SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan
pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes)
tahun ajaran 2015-2016 di SMP Negeri se-Kabupaten Tulungagung serta
menghasilkan rekomendasi bagi para pengambil keputusan untuk
menindaklanjuti program pembelajaran yang telah berjalan. Model evaluasi
yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi CIPP dengan
menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan persentase. Teknik
ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran
angket, dan menggunakan model yang dikembangkan oleh Daniel
Stufflebeam (1967), yakni (1) context, (2) input, (3) process, dan (4) product
atau yang disebut dengan CIPP. Data dikumpulkan dari hasil observasi,
wawancara, angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa variabel keseluruhan SMPN 1 Tulungagung memperoleh persentase
74% dengan kriteria baik, SMPN 1 Kauman memperoleh 66% dengan
kriteria baik, SMPN 1 Gondang memperoleh 74% dengan kriteria baik,
SMPN 1 Kedungwaru memperoleh 71% dengan kriteria baik, SMPN 1
Sumbergempol memperoleh 80% dengan kriteria baik. Secara keseluruhan
pembelajaran pendidikan di SMP Negeri se-KabupatenTulungagung berada
pada kriteria baik.Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian ini adalah
melanjutkan program pembelajaran, akan tetapi disertai dengan revisi pada
beberapa variabel.
pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes)
tahun ajaran 2015-2016 di SMP Negeri se-Kabupaten Tulungagung serta
menghasilkan rekomendasi bagi para pengambil keputusan untuk
menindaklanjuti program pembelajaran yang telah berjalan. Model evaluasi
yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi CIPP dengan
menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan persentase. Teknik
ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran
angket, dan menggunakan model yang dikembangkan oleh Daniel
Stufflebeam (1967), yakni (1) context, (2) input, (3) process, dan (4) product
atau yang disebut dengan CIPP. Data dikumpulkan dari hasil observasi,
wawancara, angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa variabel keseluruhan SMPN 1 Tulungagung memperoleh persentase
74% dengan kriteria baik, SMPN 1 Kauman memperoleh 66% dengan
kriteria baik, SMPN 1 Gondang memperoleh 74% dengan kriteria baik,
SMPN 1 Kedungwaru memperoleh 71% dengan kriteria baik, SMPN 1
Sumbergempol memperoleh 80% dengan kriteria baik. Secara keseluruhan
pembelajaran pendidikan di SMP Negeri se-KabupatenTulungagung berada
pada kriteria baik.Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian ini adalah
melanjutkan program pembelajaran, akan tetapi disertai dengan revisi pada
beberapa variabel.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISBN: 978-602-71836-36
Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.