PENERAPAN FORMATIVE SUMMATIVE EVALUATION MODEL DALAM PENELITIAN TINDAKAN
Abstract
Evaluasi sangat diperlukan untuk mengetahui tingkat tingkat keterlaksanaan atau keberhasilan suatu program dengan cara mengetahui efektivitas masing-masing komponennya. Terdapat beberapa model evaluasi, salah satunya adalah Formative Summative Evaluation Model. Evaluasi formatif digunakan ketika suatu produk atau program tertentu sedang dikembangkan dan biasanya dilakukan lebih dari sekali dengan tujuan untuk melakukan perbaikan sedangkan evaluasi sumatif adalah evaluasi yang dilakukan setelah program berakhir. Salah satu implementasi dari model evaluasi formatif dan sumatif adalah untuk mengevaluasi keterlaksanaan proses pembelajaran pada penelitian tindakan kelas. Evaluasi formatif digunakan untuk menilai keterlaksanaan proses pembelajaran pada masing-masing pertemuan dan dapat dilihat dari RPP yang telah disusun sedangkan evaluasi sumatif digunakan untuk mengevaluasi program dengan cara tes di akhir program dan secara tertulis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISBN: 978-602-71836-36
Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.