BURNOUT PADA GURU PENDIDIKAN JASMANI TERKAIT PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM 2013 DALAM KEPROFESIONALAN MENGAJAR
Abstract
Perubahan-perubahan dalam pendidikan yang tidak direncanakan
dengan sistematis menyebabkan daftar tugas guru semakin panjang dan harapan terhadap guru semakin tinggi, sedangkan keadaan lain seperti kesejahteraan guru tidak banyak berubah. penerapan kurikulum baru sehingga banyak membuat guru mengalami burnout dalam proses mengajar, dalam pelaksanaan tugasnya guru pendidikan jasmani mempunyai beban yang harus dihadapi jauh lebih berat Guru, sarana dan prasarana proses pembelajaran tidak disiapkan dengan sempurna untuk menghadapi perubahan-perubahan tersebut. Dengan demikian, guru merasa amat kecewa karena tidak mampu menangani tugas dan harapan yang sudah berubah.
Situasi tersebut menyebabkan para guru mengalami ketidaknyamanan dan
merasakan suatu situasi yang menekan. Individu tidak mungkin dapat
berfungsi dengan efektif. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas
utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai,
dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur
pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menenga, Seseorang
guru atau pendidik merupakan salah satu unsur faktor penentu dalam
keberhasilan proses pembelajaran pendidikan jasmani.
dengan sistematis menyebabkan daftar tugas guru semakin panjang dan harapan terhadap guru semakin tinggi, sedangkan keadaan lain seperti kesejahteraan guru tidak banyak berubah. penerapan kurikulum baru sehingga banyak membuat guru mengalami burnout dalam proses mengajar, dalam pelaksanaan tugasnya guru pendidikan jasmani mempunyai beban yang harus dihadapi jauh lebih berat Guru, sarana dan prasarana proses pembelajaran tidak disiapkan dengan sempurna untuk menghadapi perubahan-perubahan tersebut. Dengan demikian, guru merasa amat kecewa karena tidak mampu menangani tugas dan harapan yang sudah berubah.
Situasi tersebut menyebabkan para guru mengalami ketidaknyamanan dan
merasakan suatu situasi yang menekan. Individu tidak mungkin dapat
berfungsi dengan efektif. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas
utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai,
dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur
pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menenga, Seseorang
guru atau pendidik merupakan salah satu unsur faktor penentu dalam
keberhasilan proses pembelajaran pendidikan jasmani.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISBN: 978-602-71836-36
Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.