PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ADOBE FLASH PLAYER LATIHAN TEKNIK DASAR FUTSAL
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh Minimnya model latihan
teknik dasar futsal, sehingga pemain cenderung jenuh dengan materi latihan
teknik dasar yang diberikan pelatihnya. Oleh karena itu, perlu adanya
pengembangan mengenai media latihan teknik dasar futsal yang tadinya
bersifat konvensional menjadi media yang berbasis adobe flash player.
Fokus dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran dengan
menggunakan adobe flash player. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes. Berdasarkan hasil
penelitian dapat diambil kesimpulan teknik dasar futsal peserta
ekstrakurikuler futsal di kabupaten Banjarnegara dalam kategori cukup. 1)
Media pembelajaran latihan teknik dasar futsal dikembangkan
menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan
tahapan (1) analisis kebutuhan, (2) pembuatan disain, (3) validasi produk, (4) uji coba lapangan, (5) uji operasional. 2) Produk akhir berupa CD dan aplikasi yang dilengkapi buku panduan. Produk ini memuat materi tentang latihan teknik dasar futsal. Pengembangan media menggunakan software Adobe Flash CS6 Professional. Materi yang disajikan adalah (1) Latihan teknik dasar futsal (2) sejarah singkat futsal (3) peraturan futsal (4) ukuran lapangan, garis, gawang, dan bola futsal. 3) Berdasarkan validasi ahli dan uji coba kelompok. Ahli materi yang menilai dari aspek kualitas materi dan aspek isi dengan rerata 3,87 katergori baik, sedangkan ahli media skor 4 kategori baik. Penilaian Pembina/pelatih melalui uji coba kelompok kecil skor sebesar 4,42 kategori sangat baik. Hasil uji coba kelompok besar, skor sebesar 4,55 kategori sangat baik. Sedangkan hasil uji coba operasional nilai pretest 73,92 detik masuk kedalam kategori cukup, dan untuk nilai rata-rata
posttest 58,25 detik masuk kedalam kategori cukup. 4) Produk ini
dinyatakan valid dan efektif.
teknik dasar futsal, sehingga pemain cenderung jenuh dengan materi latihan
teknik dasar yang diberikan pelatihnya. Oleh karena itu, perlu adanya
pengembangan mengenai media latihan teknik dasar futsal yang tadinya
bersifat konvensional menjadi media yang berbasis adobe flash player.
Fokus dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran dengan
menggunakan adobe flash player. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes. Berdasarkan hasil
penelitian dapat diambil kesimpulan teknik dasar futsal peserta
ekstrakurikuler futsal di kabupaten Banjarnegara dalam kategori cukup. 1)
Media pembelajaran latihan teknik dasar futsal dikembangkan
menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan
tahapan (1) analisis kebutuhan, (2) pembuatan disain, (3) validasi produk, (4) uji coba lapangan, (5) uji operasional. 2) Produk akhir berupa CD dan aplikasi yang dilengkapi buku panduan. Produk ini memuat materi tentang latihan teknik dasar futsal. Pengembangan media menggunakan software Adobe Flash CS6 Professional. Materi yang disajikan adalah (1) Latihan teknik dasar futsal (2) sejarah singkat futsal (3) peraturan futsal (4) ukuran lapangan, garis, gawang, dan bola futsal. 3) Berdasarkan validasi ahli dan uji coba kelompok. Ahli materi yang menilai dari aspek kualitas materi dan aspek isi dengan rerata 3,87 katergori baik, sedangkan ahli media skor 4 kategori baik. Penilaian Pembina/pelatih melalui uji coba kelompok kecil skor sebesar 4,42 kategori sangat baik. Hasil uji coba kelompok besar, skor sebesar 4,55 kategori sangat baik. Sedangkan hasil uji coba operasional nilai pretest 73,92 detik masuk kedalam kategori cukup, dan untuk nilai rata-rata
posttest 58,25 detik masuk kedalam kategori cukup. 4) Produk ini
dinyatakan valid dan efektif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISBN: 978-602-71836-36
Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.