PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS BLENDED LEARNING
Abstract
Banyak dari peserta didik mempunyai keahlian keterampilan
hanya di cabang olahraga tertentu dan ada juga yang baru belajar cabang
olahraga tertentu, sehingga kurang memahami dan mengalami kesulitan
dalam pembelajaran. Dimana pada pembelajaran pendidikan jasmani
hanya berfokus pada aspek psikomotorik dan afektif dalam
pelaksanaannya. Tujuan pendidikan jasmani meliputi tiga aspek yaitu
aspek psikomotor meliputi pertumbuhan biologis, kebugaran yang
berhubungan dengan kesehatan, efisiensi di dalam gerakan, dan
sekumpulan dari keterampilan gerak. Aspek kognitif merupakan
kemampuan untuk berpikir meliputi pengetahuan, kreativitas, kemampuan perseptual, kesadaran gerak, dan dukungan atau dorongan akademik. Aspek afektif meliputi kegembiraan, konsep diri, sosial, sikap dan apresiasi untuk aktivitas fisik. Metode pembelajaran yang efektif dan
efisien akan mengatasi permasalahan yang terjadi, sehingga peserta didik
akan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Blended learning
merupakan metode belajar campuran yaitu menggabungkan pembelajaran
tatap muka atau konvensional dengan pembelajaran offline dan online
yang diharapkan dapat memecahkan permasalahan pada pembelajaran
pendidikan jasmani.
hanya di cabang olahraga tertentu dan ada juga yang baru belajar cabang
olahraga tertentu, sehingga kurang memahami dan mengalami kesulitan
dalam pembelajaran. Dimana pada pembelajaran pendidikan jasmani
hanya berfokus pada aspek psikomotorik dan afektif dalam
pelaksanaannya. Tujuan pendidikan jasmani meliputi tiga aspek yaitu
aspek psikomotor meliputi pertumbuhan biologis, kebugaran yang
berhubungan dengan kesehatan, efisiensi di dalam gerakan, dan
sekumpulan dari keterampilan gerak. Aspek kognitif merupakan
kemampuan untuk berpikir meliputi pengetahuan, kreativitas, kemampuan perseptual, kesadaran gerak, dan dukungan atau dorongan akademik. Aspek afektif meliputi kegembiraan, konsep diri, sosial, sikap dan apresiasi untuk aktivitas fisik. Metode pembelajaran yang efektif dan
efisien akan mengatasi permasalahan yang terjadi, sehingga peserta didik
akan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Blended learning
merupakan metode belajar campuran yaitu menggabungkan pembelajaran
tatap muka atau konvensional dengan pembelajaran offline dan online
yang diharapkan dapat memecahkan permasalahan pada pembelajaran
pendidikan jasmani.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISBN: 978-602-71836-36
Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.