PERANAN BLENDED LEARNING BAGI KARAKTER BELAJAR SISWA DALAM PENDIDIKAN OLAHRAGA

Mazhar Bagus Setyawan

Abstract


Belajar gerak yang dilakukan pada pendidikan Olahraga dilakukan
dengan tahap kognitif, tahap asosiatif, dan Tahap otomatis. Tahap kognitif
merupakan tahap awal yang menjadi modal utama dalam belajar gerak
dimana siswa berusaha memahami konsep gerak yang kita inginkan. Pada
tahap kognitif akan mengalami kendala untuk menyampaikan materi
dikarenakan karakteristik belajar siswa yang beragam dimana siswa dibagi
menjadi tiga golongan yaitu siswa visual, siswa auditorial, dan siswa
kinestetik. Ketiganya memiliki karakter belajar yang berbeda. Salah satu
solusinya yaitu dengan mengemas pembelajaran ke dalam pembelajaran
berbasis blended learning yang didalamnya terdapat kombinasi metode
pembelajaran yang meliputi pembelajaran tatap muka, pembelajaran off line,
dan pembelajaran on line. Ketiga metode pembelajaran tersebut bisa
memberikan pembelajaran yang efektif untuk ketiga golongan siswa yang
memiliki karakteristik belajar berbeda tersebut.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISBN: 978-602-71836-36

Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.