PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP HASIL FREE THROW DALAM PERMAINAN BOLA BASKET

Pramoda Wardana, M. Furqon Hidayatullah, Kiyatno Kiyatno

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh pendekatan pembelajaran direct dan indirect terhadap hasil free throw bola basket. (2) Pengaruh hasil free throw bolabasket antara mahasiswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi dan rendah. (3) Pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan koordinasi mata-tangan terhadap hasil
free throw bolabasket. Penelitian ini dilaksanakan di Lapangan Basket
Stadion Manahan Surakarta selama 8 minggu dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa putra semester 5 Jurusan Pendidikan Olahraga Kepelatihan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta yang telah mengikuti mata kuliah tes dan praktek bolabasket 1. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Random Sampling, sampel yang diambil sebanyak 40 mahasiswa, terdiri dari 20 mahasiswa yang memiliki tingkat koordinasi mata tangan tinggi, 20 mahasiswa yang memiliki tingkat koordinasi mata tangan rendah. Teknik analisis dengan menggunakan ANOVA. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran direct dan pendekatan pembelajaran indirect terhadap hasil free throw, p-value= 0,045 lebih kecil dari 0,05. (2) ada perbedaan peningkatan hasil free throw antara mahasiswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan rendah, p-value= 0,035 lebih kecil dari 0,05. (3) ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan koordinasi mata tangan terhadap hasil free throw, p-value= 0,012 lebih kecil dari 0,05

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISBN: 978-602-71836-36

Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.