ANALISIS PROGRAM PJOK BERDASARKAN PENDEKATAN GOAL-ORIENTED EVALUATION MODEL

Abi Fajar Fathoni

Abstract


pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan bagian
integral dari pendidikan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan
kesehatan siswa. Namun terdapat guru yang tidak melaksanakan pengukuran
tingkat kesegaran jasmani siswa dan tidak mengevaluasi pemahaman siswa
mengenai kesehatan. Sedangkan evaluasi itu sendiri merupakan alat untuk
mengukur seberapa keberhasilan program dalam mencapai tujuan yang sudah
ditentukan. Penulis mengkaji dari berbagai sumber rujukan yang meliputi
kurikulum, perangkat pendidikan, buku guru, hasil penelitian dan sumber lain
yang relevan. Hasilnya diketahui hanya 6,77 % guru melakukan evaluasi
kognitif. Persentase yang kecil jika mengingat kompetensi dasar dari
kurikulum salah satunya siswa mampu memaparkan pola makan sehat,
bergizi dan seimbang serta pengaruhnya terhadap kesehatan. Kemudian
diketahui juga mengenai penggunaan tes kesegaran jasmani oleh guru yaitu
10% selalu, 10% sering, 27% kadang-kadang, 17% tidak pernah, 37% tidak
diketahui. Oleh karena itu saran diberikan kepada pihak yang terkait untuk
mengkaji ulang mengenai tujuan dan cara mengevaluasi proses pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan secara tepat. Sehingga mampu dilakukan
perbaikan pada proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISBN: 978-602-71836-36

Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.