PROFIL PENDIDIKAN EKONOMI PADA ANAK DI LINGKUNGAN KELUARGA MISKIN

Rahmawati Rahmawati, Hari Wahyono, Agung Haryono

Abstract


Keluarga adalah lembaga pertama dan utama dalam melaksanakan proses sosialisasi dan pendidikan pada anak. Keluarga memberikan pengaruh pada pembentukan watak dan kepribadian anak yang penting bagi perkembangan anak. Pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga merupakan perihal yang sangat penting adanya dalam menumbuhkan nilai-nilai dan sifat berekonomi secara rasional keluarga. Pengasuhan oleh orang tua merupakan kunci mutlak perkembangan dan pembentukan pribadi seorang anak untuk mampu hidup secara mandiri dalam kehidupan sehari-hari, kemandirian seorang anak terlihat dari kemampuan melakukan kegiatan sehari-hari di dalam rumah. Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan gambaran secara umum mengenai upaya orang tua dalam menanamkan pendidikan ekonomi pada anak dilingkungan keluarga miskin dalam kegiatan pengasuhan sehari-hari. Adapun kerangka rancangan penulisan profil pendidikan ekonomi pada anak dilingkungan keluarga miskin sendiri menggunakan studi kualitatif dengan pendekatan fenomenologi

Keywords


Pendidikan Ekonomi; Keluarga Miskin

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.