OPTIMALISASI SUMBER BELAJAR EKONOMI YANG MELEKAT PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI SMA

Peggy Delita Merida, Mit Witjaksono, Sri Umi Mintarti Widjaja

Abstract


Terdapat banyak sumber belajar yang dapat dilakukan dalam belajar dan pembelajaran di kelas khususnya dalam mata pelajaran ekonomi. pengertian sumber belajar menurut Warsita (2008:209), sumber belajar adalah semua komponen sistem instruksional baik yang secara khusus dirancang maupun yang sifatnya dapat dipakai atau dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini sumber belajar dapat melalui apapun termasuk sumber belajar ekonomi yang melekat pada siswa. Sumber belajar ekonomi merupakan semua komponen yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran ekonomi, dan sumber belajar tersebut dapat menggunakan sumber belajar yang melekat pada siswa misalnya adalah bolpoin, pensil, tas, atau bahkan tongsis (Tongkat Narsis) yang dimiliki siswa, benda-benda tersebut dapat digunakan sebagai bahan dalam pembelajaran ekonomi dikelas. Tujuan gagasan ini adalah 1) Menganalisis kelayakan sumber belajar ekonomi yang digunakan sebagai bahan pembelajaran Ekonomi .2). Mengembangkan pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan sumber belajar yang melekat pada siswa.3) Memberi rekomendasi kepada pihak sekolah yang menjadi tempat penelitian terkait pembelajaran ekonomi yang lebih bermakna.

Keywords


Sumber Belajar yang melekat,;Pembelajaran Ekonomi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.