POLA PERILAKU KONSUMSI HIJAU PADA SISWA SMA
Abstract
Setiap manusia pasti ingin hidup makmur, sejahtera serta mampu menghadapi masalah jangka pendek seperti konsumsi sehari-hari serta pemenuhan kebutuhan lainnya. Tindakan ekonomi merupakan perilaku seseorang dalam proses pengambilan keputusan tindakan ekonomi alam rangka menilai, mendapat, menggunakan atau mengabaikan barang-barang dan jasa-jasa yang disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam penelitian ini perilaku konsumen yang dibutuhkan adalah pola perilaku konsumsi hijau. Pola perilaku adalah bentuk perbuatan-perbuatan yang menghasilkan suatu kebiasaan. Pola perilaku konsumsi hijau yaitu upaya yang dilakukan konsumen untuk melindungi diri seseorang dan bumi ini dengan membeli produk-produk yang ramah lingkungan. Perilaku konsumsi siswa menuju perilaku konsumsi hijau merupakan kebutuhan yang perlu diupayakan melalui pendidikan ekonomi di sekolah. Pembelian produk yang ramah lingkungan tidak lepas dari pengetahuan konsumen tentang lingkungan. Jika konsumen memiliki sikap positif terhadap lingkungannya maka siswa akan menjaga dan memilih produk-produk yang ramah lingkungan atau produk hijau. Jika dalam berperilaku konsumsi berdampak negatif terhadap lingkungan sekitar maka akan menimbulkan dampak yang tidak sehat, begitu pula sebaliknya.
Keywords
Pola Perilaku; Konsumsi Hijau; Ekonomi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-17225-5-8
Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.