MAKNA PENDIDIKAN EKONOMI DALAM BUDAYA LOKAL KELUARGA SUKU SELAYAR

Nur Astaman Putra, Hari Wahyono, Cipto Wardoyo

Abstract


Permasalahan ekonomi, pendidikan, serta budaya merupakan tiga hal yang saling berkaitan satu sama lain. Pendidikan merupakan fondasi untuk memecahkan permasalahan ekonomi, paling tidak meminimalisirnya. Sementara pendidikan kaitannya dengan budaya, tentunya pendidikan yang baik akan tetap melestarikan budaya yang ada, tidak lantas menggeser bahkan menghilangkan budaya yang telah menjadi ciri khas dari entitas masyarakat tertentu. Pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga yang dimaknai sebagai pendidikan nonformal menitikberatkan pada pemahaman tentang nilai uang dan pemahaman sikap serta perilaku anak untuk mengatur pemanfaatan uang sesuai dengan prinsip ekonomi yang rasional. Artinya, pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga secara makro memiliki peran penting bagi pengembangan sumberdaya manusia dan memiliki dampak positif bagi kemajuan ekonomi. Pendidikan ekonomi dalam budaya lokal suku Selayar dimaknai sebagai kesederhanaan dan kebersamaan.

Keywords


Pendidikan Ekonomi; Budaya Lokal; Suku Selayar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.