PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERPADU BERBASIS EKONOMI KERAKYATAN PADA PERGURUAN TINGGI DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini berujuan (1) Mendeskripsikan Potret permasalahan dan
kebutuhan akan model program pendidikan kewirausahaan terpadu berbasis kegiatan
ekstrakurikuler mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Kabupaten Lombok Timur, (2) Mendesain
Program pendidikan Kewirausahaan terpadu berbasis kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa pada
Perguruan Tinggi di Kabupaten Lombok Timur, (3) Mengukur Efektivitas hasil pengembangan
program pendidikan kewirausahaan terpadu berbasis kegiatan ekstrakurikulier mahasiswa di
STKIP Hamzanwadi Selong sebagai sampel.
Penelitian pengembangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Design Based Research
(DBR) model 4 fase yang dikembangan oleh Reeves (2006). Hasil penelitian dan pengembangan
adalah sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan yang dilakukan dengan
pendekatan mata kuliah masih belum mampu menumbuhkan minat, membangun sikap dan
karakter mahasiswa, pengetahuan serta keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha, (2)
Berdasarkan hasil angket, FGD dan wawancara yang dilakukan bersama dengan tim kolaborasi
teridentifikasi diperoleh prioritas utama adalah; program diklat kewirausahaan, program magang
kerja usaha, program entrepreneurship day sebagai prioritas 1, program seminar kewirausahaan
sebagai prioritas 2, program kuliah kunjungan lapangan sebagai prioritas 3. (3) hasil uji coba
produk menunjukan bahwa secara keseluruhan pengembangan produk bahan ajar, modul diklat
dan pedoman pelaksanaan program pendidikan kewirausahaan terpadu berbasis ekonomi
kerakyatan masuk kategori sangat layak, (4) Hasil uji efektifitas akhir program pendidikan
kewirausahaan terpadu berbasis ekonomi kerakyatan pada perguruan tinggi yang meliputi uji
kelompok kecil, uji lapangan, tanggapan tim kolaborasi, ahli dan praktisi serta tanggapan dari
mahasiswa diperoleh hasil yang masuk kategori baik dan sangat baik.
kebutuhan akan model program pendidikan kewirausahaan terpadu berbasis kegiatan
ekstrakurikuler mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Kabupaten Lombok Timur, (2) Mendesain
Program pendidikan Kewirausahaan terpadu berbasis kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa pada
Perguruan Tinggi di Kabupaten Lombok Timur, (3) Mengukur Efektivitas hasil pengembangan
program pendidikan kewirausahaan terpadu berbasis kegiatan ekstrakurikulier mahasiswa di
STKIP Hamzanwadi Selong sebagai sampel.
Penelitian pengembangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Design Based Research
(DBR) model 4 fase yang dikembangan oleh Reeves (2006). Hasil penelitian dan pengembangan
adalah sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan yang dilakukan dengan
pendekatan mata kuliah masih belum mampu menumbuhkan minat, membangun sikap dan
karakter mahasiswa, pengetahuan serta keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha, (2)
Berdasarkan hasil angket, FGD dan wawancara yang dilakukan bersama dengan tim kolaborasi
teridentifikasi diperoleh prioritas utama adalah; program diklat kewirausahaan, program magang
kerja usaha, program entrepreneurship day sebagai prioritas 1, program seminar kewirausahaan
sebagai prioritas 2, program kuliah kunjungan lapangan sebagai prioritas 3. (3) hasil uji coba
produk menunjukan bahwa secara keseluruhan pengembangan produk bahan ajar, modul diklat
dan pedoman pelaksanaan program pendidikan kewirausahaan terpadu berbasis ekonomi
kerakyatan masuk kategori sangat layak, (4) Hasil uji efektifitas akhir program pendidikan
kewirausahaan terpadu berbasis ekonomi kerakyatan pada perguruan tinggi yang meliputi uji
kelompok kecil, uji lapangan, tanggapan tim kolaborasi, ahli dan praktisi serta tanggapan dari
mahasiswa diperoleh hasil yang masuk kategori baik dan sangat baik.
Keywords
Program Diklat Kewirausahaan; Entrepreneurship day; magang kerja usaha; kuliah kunjungan lapangan dan seminar kewirausahaan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-17225-5-8
Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.