PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENEMUKAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MA MU`ALLIMIN NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan media audio visual terhadap kemampuan siswa menemukan konsep dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MA Mu`allimin NW Pancor tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MA Mu`allimin NW Pancor tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur kemampuan siswa menemukan konsep dan tes untuk hasil belajar siswa, lembar observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji normalitas data dengan chi-kuadrat, uji homogenitas dan uji hipotesis uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning dengan media audio visual terhadap kemampuan siswa menemukan konsep pada kelas eksperimen yaitu memperoleh nilai rata-rata 88,97 dan standar deviasi 4,17, sedangkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu memperoleh nilai rata-rata 76,17 dan standar deviasi 8,33. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil uji hipotesis secara parsial untuk kemampuan siswa menemukan konsep menunjukkan thitung 4,444 > ttabel 2,021, sedangakan untuk hasil belajar siswa diperoleh thitung 3,36 >ttabel 2,021. Maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima yang berarti bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan media audio visual berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa menemukan konsep dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MA Mu`allimin NW Pancor tahun pelajaran 2015/2016.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning dengan media audio visual terhadap kemampuan siswa menemukan konsep pada kelas eksperimen yaitu memperoleh nilai rata-rata 88,97 dan standar deviasi 4,17, sedangkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu memperoleh nilai rata-rata 76,17 dan standar deviasi 8,33. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil uji hipotesis secara parsial untuk kemampuan siswa menemukan konsep menunjukkan thitung 4,444 > ttabel 2,021, sedangakan untuk hasil belajar siswa diperoleh thitung 3,36 >ttabel 2,021. Maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima yang berarti bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan media audio visual berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa menemukan konsep dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MA Mu`allimin NW Pancor tahun pelajaran 2015/2016.
Keywords
Model Pembelajaran Discovery Learning; Media Audio Visual; Kemampuan Siswa Menemukan Konsep; Hasil Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-17225-5-8
Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.