KONSEP PENDIDIKAN EKONOMI DI LINGKUNGAN KELUARGA
Abstract
Pendidikan ekonomi secara umum sudah dilaksanakan dengan baik ditingkat pendidikan formal. Namun untuk semakin memaksimalkan proses pendidikan ekonomi tidak cukup hanya dari pendidikan formal. Proses pendidkan ekonomi di ranah formal perlu didukung dengan pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga masing-masing. Hal ini di karenakan persoalan ekonomi merupakan persoalan yang dihadapi sehari-hari. Hal terpenting dalam melaksanakan pendidikan ekonomi dilingkungan keluarga adalah pemahaman orang tua tentang pendidikan ekonomi dan beban aktivitas orang tua sehari hari. Orang tua sebagai faktor penting dalam melaksanakan pendidikan di keluarga harus bisa menjadi panutan yang baik bagi anaknya dalam berperilaku ekonomi. Sehingga dalam mendidik ekonomi dalam keluarga diperlukan konsep pendidikan ekonomi yang efektif untuk memberikan wawasan ekonomi kepada orang tua sendiri dan anaknya, karena tidak semua orang tua memiliki wawasan ekonomi yang baik. Konsep pendidikan ekonomi dalam keluarga difokuskan bagaimana mengelola sumberdaya ekonomi yang ada secara efektif dan sesuai kebutuhan serta bagaimana pendidikan ekonomi ini mampu membekali anggota keluarga dalam mengambil setiap keputusan dari kegiatan ekonomi yang dilakukan dan tidak menjadi persoalan dikemudian hari. Konsep pendidikan dalam keluarga lebih fleksibel sehingga memudahkan orang tua untuk mendidik anaknya dan memantau anaknya dalam berperilaku ekonomi.
Keywords
Konsep Pendidikan Ekonomi; Pendidikan Keluarga; Peran Orang Tua
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-17225-5-8
Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.