MODEL PEMBELAJARAN CITIZEN JOURNALISM: MELATIH MAHASISWA DALAM MENULIS ARTIKEL ILMIAH

Masnurul Hidayat, Hari Wahyono, Dwi Wulandari

Abstract


Model pembelajaran Citizen Journalism merupakan model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk menganalisis dan membuat sebuah artikel ilmiah terkait fenomena ekonomi yang sedang terjadi. Model pembelajaran ini mengintegrasikan pendekatan pembelajaran kontekstual, pemecahan masalah, dan debat aktif, dimana model pembelajaran ini terdiri dari empat fase yaitu 1) Fase Kontekstual, 2) Fase Pemecahan Masalah, 3) Fase Class Conference, dan 4) Fase Broadcast. Model Pembelajaran ini dikembangkan dan dilakukan penelitian dengan menggunakan metode Research Based Development (R&D) yang diadaptasikan dari model Borg dan Gall. Hasil uji validitas yang di uji oleh ahli materi ekonomi dan ahli rancangan pembelajaran menghasilkan bahwa model ini bisa digunakan dengan beberapa revisi. Terkait dengan uji efektivitas model akan dilakukan di Universitas Negeri Malang (UM) pada Mahasiswa S1 Ekonomi Pembangunan, mata kuliah Perekonomian Indonesia menggunakan metode eksperimen.

Keywords


Citizen Journalism; Pendekatan Pembelajaran Kontekstual; Pendekatan Pembelajaran berbasis Masalah; Pembelajaran Debat Aktif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.