MAKNA RELIGIUSITAS HINDU DALAM AKTIVITAS EKONOMI WIRAUSAHA

Luh Indrayani, Lucy Sri Musmini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna religiusitas Hindu dalam aktivitas ekonomi wirausaha dengan menggunakan pendekatan fenomenologi transendental yang berfokus pada deskripsi tentang pengalaman hidup informan. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa makna religiusitas Hindu pada aktivitas ekonomi wirausaha merupakan keyakinan yang dimiliki oleh seorang wirausaha untuk bersikap lebih baik, bahagia, dan nyaman bekerja dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas kerjanya. Religiusitas mendorong sikap yang lebih bijak dalam menghadapi tantangan usaha. Selain itu, keyakinan bahwa Tuhan selalu ada dalam menjalankan aktivitas ekonomi, sekeras apapun berusaha tanpa restu Tuhan tidak akan berhasil. Rasa syukur kepada Tuhan diwujudkan dengan yadnya yang tulus ikhlas serta untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan, yang dalam agama Hindu dikenal dengan moksartham jagadhita ya ca iti dharma.

Keywords


Religiusitas;Aktivitas Ekonomi; Wirausaha

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.