ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN EKONOMI SESUAI PASAL 33 UUD 1945 PADA JENJANG SEKOLAH DASAR

Eunike Rose Mita Lukiani, Ery Tri Djatmika, Agus Suman, Mit Witjaksono

Abstract


Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945 merupakan dasar konstitusi kegiatan perekonomian di Indonesia. Segala aspek kegiatan ekonomi di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai dalam pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945. Demikian juga dalam pendidikan ekonomi. Pendidikan ekonomi memegang peran kunci dalam membentuk manusia Indonesia sesuai cita-cita dan tujuan bangsa. Penting sekali mengajarkan ideologi perekonomian Indonesia sejak jenjang pendidikan sekolah dasar karena gaya hidup yang dijalani saat ini merupakan hasil dari kebiasaan sejak kanak-kanak. Dengan mengajarkan pendidikan ekonomi sesuai pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945 sebagai core content, akan terjadi keterlekatan yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku ekonomi yang benar bagi anak-anak sebagai generasi penerus sumber daya manusia Indonesia. Bila karakter manusia Indonesia telah mendarah daging, maka pengaruh budaya ekonomi asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai perekonomian Indonesia tidak akan mudah masuk dan mempengaruhi kepribadian manusia Indonesia.

Keywords


Pasal 33 Undang-Undang DasaR 1945; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.